Dijamin Negara, Investasi Sukuk Ritel SR018 Bisa Jadi Pilihan

Kamis, 02 Maret 2023 - 23:31 WIB
loading...
Dijamin Negara, Investasi Sukuk Ritel SR018 Bisa Jadi Pilihan
Investasi sukuk ritel SR018 bisa menjadi pilihan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Investasi sukuk ritel SR018 bisa menjadi pilihan. Surat Berharga Negara (SBN) ini segera hadir sebagai sukuk ritel pertama di tahun 2023.

"Sukuk tradable dan sangat aman karena pembayaran pokok dan imbalannya dijamin undang-undang," ujar Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Dwi Irianti Hadiningdyah, di Jakarta, Kamis (2/3/2023).

SR018 yang akan dibuka dengan masa penawaran 3-29 Maret 2023 hadir sebagai alternatif investasi untuk mencapai tujuan keuangan dengan cara yang aman dan menguntungkan, sekaligus membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi dalam pembiayaan APBN.

Selain itu, SR018 sesuai dengan prinsip syariah dan sudah memperoleh opini syariah dari Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) sehingga investor yang concern terhadap shariah compliance tidak perlu khawatir. SR018 akan diterbitkan dalam dua tipe, yakni SR018-T3 dengan tenor tiga tahun dan SR018-T5 dengan tenor lima tahun. Meski memiliki jatuh tempo, namun SR018 bisa diperdagangkan kembali di pasar sekunder terhitung 11 Juli 2023 mengikuti harga pasar.

Besaran kupon SR018 adalah 6,25% untuk tenor 3 tahun dan 6,40% untuk tenor 5 tahun. Adapun pembayaran kupon SR018 akan diberikan ke investor pada tanggal 10 setiap bulannya. Selain itu, negara memberikan sejumlah kemudahan bagi masyarakat yang berminat menanamkan modal di SR018 ini.



Head of Research & Investment Connoisseur Moduit Manuel Adhy Purwanto mengungkapkan pembelian di SR018 dapat dilakukan mulai Rp1 juta, dengan maksimal Rp5 miliar untuk tenor 3 tahun dan Rp10 miliar untuk tenor 5 tahun. Pemerintah juga memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang ingin mendapatkan instrumen ini. Investor dapat melakukan pembelian SR018 secara online melalui mitra maupun sub mitra distribusi pemerintah, salah satunya melalui Moduit.

"Kami berharap dapat menjangkau lebih banyak investor berinvestasi di obligasi dan reksa dana. Moduit hadir dan siap membantu masyarakat yang berminat berinvestasi di obligasi dan reksa dana, sekaligus membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bersama-sama meraih keuntungan," kata Adhi Purwanto.

Selain keuntungan, investasi di SR018 merupakan bentuk nyata mendukung program pemerintah. Untuk itu menurut Manuel Adhi Purwanto, Moduit berkomitmen memberikan edukasi kepada masyarakat terkait ragam pilihan investasi, khususnya Surat Berharga Negara.

"Jadi pilihan investasi itu beragam, termasuk SR018, sehingga penting bagi investor untuk melakukan diversifikasi pada portofolionya. Selain itu, dengan berinvestasi di SR018, kita bisa sekaligus membantu meningkatkan kesejahteraan sesama melalui negara," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)