Permukiman Warga di Sekitar Depo BBM Plumpang Perlu Segera Ditata Ulang

Sabtu, 04 Maret 2023 - 15:55 WIB
loading...
Permukiman Warga di Sekitar Depo BBM Plumpang Perlu Segera Ditata Ulang
Foto udara Depo BBM Plumpang dan permukiman warga yang berada di sekitar buffer zone depo tersebut. Foto/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Kebakaran di Depo BBM Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3) malam menimbulkan korban jiwa di kalangan warga yang berada di sekitar depo BBM tersebut. Hal itu dinilai menjadi pengingat perlunya segera dilakukan penataan ulang permukiman warga di sekitar objek vital nasional tersebut.

"Dengan terjadinya musibah kebakaran di Depo BBM Pertamina Plumpang ini maka sudah saatnya Pemerintah dan juga Pertamina mengkaji dan menata ulang sedemikian rupa keberadaan perumahan warga yang ada di dekat depo BBM tersebut," ujar Direktur Eksekutif Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria di Jakarta, Sabtu (4/3/2023).



Pasalnya, kata kata Sofyano, Depo BBM Plumpang pada dasarnya jauh lebih dulu berdiri dan dibangun sebelum berdirinya rumah-rumah yang kemudian dibangun warga di sekitar depo tersebut. Karena itu, keberadaan depo BBM tersebut menurutnya sudah pasti memenuhi syarat dan ketentuan internasional terkait pembangunan depo BBM.

Hanya seja, seiring waktu kemudian warga membangun permukiman di sekitar objek vital penyuplai BBM tersebut. Karena itu, tegas dia, sudah saatnya ada penataan ulang permukiman, agar musibah serupa dapat dicegah ke depannya. "Sehingga bisa dipastikan bahwa pembangunan deponya sendiri sudah sesuai ketentuan, jadi tidak tepat jika ini dinilai sebagai sebuah kelalaian," imbuhnya.



Terlepas dari itu, Sofyano mengapresiasi langkah cepat pemerintah dan Pertamina dalam menangani korban dan mengatasi kebakaran yang terjadi. Kehadiran direksi Pertamina di lokasi kebakaran dan di rumah sakit terkait penanganan korban menurutnya menunjukkan sikap tanggung jawab manajemen puncak Pertamina untuk menangani musibah dan dampak yang terjadi.

"Perhatian dan kepedulian Pemerintah yang langsung terjun ke lokasi musibah Plumpang tadi malam juga sangat pantas diapresiasi," imbuhnya.

Terkait kelancaran suplai BBM, Sofyano meyakini musibah tersebut tidak akan sampai mengganggu kelancaran distribusi BBM, khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya. "Pasokan BBM di wilayah DKI dan sekitarnya tetap bisa dilakukan dari Depo Plumpang dan juga depo BBM lainnya seperti Cikampek, bahkan Depo Padalarang dan Ujung Berung," tuturnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)