Ikuti Instruksi Jokowi, Nasib Relokasi Depo Pertamina Plumpang Mulai Dibahas

Senin, 06 Maret 2023 - 10:36 WIB
loading...
Ikuti Instruksi Jokowi, Nasib Relokasi Depo Pertamina Plumpang Mulai Dibahas
Nasib relokasi Depo Pertamina Plumpang mulai dibahas hari ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan hari ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai membahas nasib relokasi Depo Pertamina Plumpang , Jakarta Utara, yang terbakar pada Jumat pekan lalu (3/3/2023). Infomasi itu disampaikan oleh Heru saat melakukan tinjauan ke Pasar Induk Keramat Jati terkait stok komoditas pertanian jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2023, hari ini, Senin (6/3/2023).



"Hari ini Pak Menteri BUMN mulai rapat (bahas relokasi Depo Pertamina Plumpang)," kata Heru.

Pemerintah memiliki dua opsi untuk mencari solusi terkait nasib Depo Pertamina di Plumpang. Pertama depo yang dipindahkan, atau masyarakat yang direlokasi ke tempat hunian baru.

Presiden Jokowi sendiri sudah menginstruksikan 1-2 hari ini kepada Kementerian BUMN dan Pemprov DKI memutuskan solusi atas dua opsi tersebut. Meski demikian, Heru mengatakan pihaknya bakal ikut kebijakan pemerintah pusat, apakah merelokasi depo atau memindahkan warga.

"Pemprov ikut kebijakan pemerintah pusat," lanjut Budi.

Presiden Jokowi sebelumnya sempat menyebutkan bahwa Depo Pertamina Plumpang bisa saja dipindahkan ke kawasan reklamasi di sisi utara Jakarta. Namun pernyataan itu masih bersifat masukan sementara yang nantinya akan diputuskan oleh Kementerian BUMN.

Pada dasarnya Presiden menginginkan agar segera mencari solusi atas permasalahan tersebut. Mengingat dampak dari kebakaran telah memakan korban jiwa dan menghanguskan puluhan rumah warga.



"Sudah saya perintahkan Menteri BUMN dan Pemprov DKI untuk segera mencari solusi, karena ini memang zona berbahaya, tetapi harus ada solusinya," kata Jokowi saat mengunjungi lokasi pengungsian warga terdampak kebakaran, hari Minggu kemarin (5/3/2023).

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)