Depo Pertamina Plumpang Bakal Dipindah ke Kalibaru, Pelindo: Kami Sudah Tawarkan 2 Tahun Lalu

Selasa, 07 Maret 2023 - 07:41 WIB
loading...
Depo Pertamina Plumpang Bakal Dipindah ke Kalibaru, Pelindo: Kami Sudah Tawarkan 2 Tahun Lalu
Foto udara suasana lokasi sisa kebakaran Terminal BBM (TBBM) Pertamina Plumpang, yang menjalar ke kawasan pemukiman di jalan Koramil, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). Foto/MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyatakan siap bermitra dengan PT Pertamina (Persero) terkait rencana pemindahan atau relokasi depo BBM Plumpang ke tanah milik Pelindo di kawasan Kalibaru, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Komisaris Pelindo, Jodi Mahardi mengatakan, sebenarnya pihaknya telah menawarkan lahan tersebut untuk digunakan sebagai Depo Pertamina sejak dua tahun lalu.

"Lahan yang di Kalibaru, Tanjung Priok 32 dikali 2 itu sudah pernah ditawarkan oleh Pelindo dari 2 tahun lalu," ungkapnya saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, dikutip Selasa (7/3/2023).

Menurut Jodi, tanah tersebut merupakan tanah reklamasi. Dia mengatakan lahan tersebut siap digunakan jika depo Pertamina akan dipindahkan ke tanah milik Pelindo, termasuk dari aspek infrastrukturnya.

Meski begitu, Jodi enggan membeberkan terkait kerja sama dalam penggunaan lahan tersebut. Dia hanya menyebut bahwa sudah terjalin komunikasi antara pihaknya dan juga Pertamina.

"Udah siap semuanya, ini kan pelabuhan. (Kerja sama) itu rahasia perusahaan. Kita nunggu Pertamina-nya aja gimana.Ya yang saya denger sih sudah ada lah dari Pertamina, sudah ada pernah komunikasi lah," tuturnya.



Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan bahwa Depo Pertamina Plumpang akan dipindah ke tanah milik Pelindo. Hal ini imbas kebakaran hebat yang menelan puluhan korban jiwa, akhir pekan lalu.

Erick menyebut relokasi depo Pertamina Plumpang akan mulai dibangun di tanah Pelindo pada 2024. Dia menuturkan, proses pembangunan diperkirakan bakal memakan waktu hingga 2,5 tahun.

"Kilang akan pindah ke tanah Pelindo. Kita sudah koordinasi dengan Pelindo itu lahannya akan siap dibangun akhir 2024. Pembangunan memerlukan waktu 2-2,5 tahun, artinya masih ada waktu kurang lebih 3,5 tahun," ujarnya dalam keterangan video yang diterima MNC Portal Indonesia, Senin (6/3).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)