Hasil Program Budidaya Jagung PYCH Langsung Terserap Pasar

Minggu, 12 Maret 2023 - 13:30 WIB
loading...
Hasil Program Budidaya Jagung PYCH Langsung Terserap Pasar
Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN Made Kartikajaya panen jagung bersama PMI. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAYAPURA - Pemberdayaan masyarakat Papua terus ditingkatkan melalui program binaan dari Badan Intelijen Negara (BIN). Salah satunya program budidaya jagung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang hasilnya langsung terserap pasar.

Sejumlah kelompok petani binaan Papua Muda Inspiratif (PMI) telah beberapa kali berhasil memanen jagung, salah satunya di kawasan Kwadeware dan Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua. Panen dilakukan di lahan seluas 7,5 hektare dengan hasil panen sekitar 16,1 ton.

"Kami bersyukur sudah punya pabrik pakan pertama di tanah Papua yang ada di Kabupaten Jayapura. Jadi dari hasil panen, kami tidak susah karena pasar sudah ada," tutur Koordinator PMI Kabupaten Jayapura Daud Edison Yarisetouw melalui pernyataannya, Minggu (12/3/2023).



Adapun hasil panen jagung PYCH mulai terserap pasar untuk pakan ternak. PMI menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kepala BIN Jenderal (purn) Budi Gunawan yang telah memberikan dukungan dan membina anak muda Papua, sehingga bisa berkontribusi mempercepat kesejahteraan masyarakat Papua.

Saat ini, PMI memiliki ratusan hektare lahan jagung yang tersebar di beberapa wilayah Papua, seperti Manokwari, Sorong, Tambrauw, Fak-fak, Jayapura, Keerom hingga Merauke. Rencananya, PMI akan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan swasta untuk terus mengembangkan lahan jagung 400 hektare di daerah Fak-fak dan Bintuni.

Nantinya akan terintegrasi dengan industri di sektor hilir seperti industri pakan ternak, hingga industri makanan seperti pabrik tepung maizena, gula, jagung dan lainnya. Saat ini, PMI memiliki ratusan hektare lahan jagung yang tersebar di seluruh wilayah Papua di antaranya di daerah Manokwari dengan luas 26 Ha, Sorong 10 Ha, Tambrauw 200 Ha,Fakfak 300 Ha, Jayapura 105,6 Ha, Keerom 2 Ha, Merauke 25 Ha.



Rencananya, PMI akan bekerjasama dengan Pemda dan swasta akan terus mengembangkan jagung sekitar 400 Ha di daerah Fakfak dan Bintuni. Nantinya akan terintegrasi dengan industri di sektor hilir seperti industri pakan ternak hingga industri makanan seperti pabrik tepung maizena, gula jagung dan lainnya.

Sebagai informasi, panen jagung PYCH telah dilaksanakan oleh Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN yang juga pembina PMI, Made Kartikajaya beserta anak muda hingga para ibu-ibu. Hadir pula PJ Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, Kabinda Papua Mayjen TNI (Purn) Gustav Agus Irianto dan sejumlah tokoh lain.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)