HT Ingatkan Pentingnya Membangun Ekosistem yang Saling Mendukung

Rabu, 15 Maret 2023 - 16:01 WIB
loading...
HT Ingatkan Pentingnya Membangun Ekosistem yang Saling Mendukung
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam Business & Support Forum MNC Financial Services Group di MNC Conference Hall, iNews Tower Lantai 3, Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2023). Foto/MPI/Dovana Hasiana
A A A
JAKARTA - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengingatkan jajarannya untuk secara konsisten mengembangkan ekosistem bersama pihak-pihak yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan. Hal ini penting guna meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.

Apalagi dengan situasi pasca pandemi Covid-19 yang menyebabkan perusahaan harus bergerak lincah dan adaptif terhadap perubahan-perubahan yang ada.

“Sekarang sudah bukan masanya untuk bekerja sendiri, kita harus masuk ke ekosistem dan mengembangkannya. Bagaimana kita sebagai perusahaan menggunakan ekosistem tersebut untuk saling mendukung antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya,” ujarnya dalam Business & Support Forum MNC Financial Services Group di MNC Conference Hall, iNews Tower Lantai 3, Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2023).



Menurut dia, perusahaan bisa saling memberikan manfaat untuk mengembangkan bisnisnya. Hary menyontohkan, perusahaan asuransi bisa bekerja sama dengan perusahaan yang berkaitan dengan sektor pariwisata untuk menawarkan produk yang memberikan kenyamanan bagi para pelanggan yang hendak pergi berwisata.

Lebih lanjut, Hary juga menegaskan ekosistem yang terbentuk harus mampu terjalin untuk waktu yang panjang. Maka dari itu, produk yang ditawarkan oleh perusahaan harus mampu menjawab permasalahan atau tantangan yang dihadapi oleh masyarakat. Sehingga, produk tersebut bisa selalu relevan.

“Maka dari itu kita harus memahami seluruh ekosistemnya. Misalnya kita bisa lihat, perusahaan asuransi di India yang fokus untuk membangun kemitraan dengan sektor pariwisata dan kesehatan,” paparnya.



Selain itu, inovasi juga dianggap penting untuk meningkatkan relevansi produk di tengah-tengah masyarakat. Pasalnya, Hary menilai pandemi telah mengubah struktur dan kebiasaan masyarakat.

“Produk yang relevan itu berubah setiap waktu. Jangan takut dibilang tidak konsisten, justru kita terus inovasi dan adaptasi supaya tetap relevan,” tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)