Beras Bulog Bisa Dibeli di Ritel Modern, Bapanas Ungkap Alasannya

Kamis, 16 Maret 2023 - 10:52 WIB
loading...
Beras Bulog Bisa Dibeli di Ritel Modern, Bapanas Ungkap Alasannya
Beras Bulog kini bisa dibeli di ritel modern, Badan Pangan Nasional (Bapanas) menerangkan, beras SPHP Bulog di modern market ini merupakan beras grade premium yang dijual seharga beras medium. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Beras Bulog kini bisa dibeli di ritel modern untuk Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) jelang Ramadan, Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengapresiasi pendistribusian beras SPHP Bulog yang semakin meningkat di ritel modern.

"Hari ini kita di salah satu gerai Transmart mengecek langsung ketersediaan beras SPHP Bulog. Sudah Kita pastikan stoknya tersedia, kemasan 5 kg dengan harga terjangkau," ujar Deputi I Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) I Gusti Ketut Astawa saat meninjau ketersediaan beras SPHP di Transmart Cempaka Putih, Jakarta, Rabu (15/3/2023).



Ketut menerangkan, beras SPHP Bulog di modern market ini merupakan beras grade premium yang dijual seharga beras medium, sehingga memiliki harga yang lebih rendah dari beras premium lainnya. Saat ini masyarakat sudah bisa membeli beras premium Bulog di sejumlah gerai retail modern seperti Hypermart, Ramayana, Indogrosir, dan Transmart.

“Beras SPHP ini dikemas dengan baik dan diberi label harga sehingga terhindar dari penyalahgunaan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi pada kesempatan yang berbeda mengatakan, pelaksanaan SPHP juga berfungsi untuk mensirkulasi stok beras Bulog, sehingga beras yang ada di gudang dapat disalurkan dan diganti dengan stok beras baru atau new crop.

“Pada panen raya ini serapan Bulog akan bertambah, kita berharap melalui SPHP dan program hilirisasi lainnya, stok beras di Bulog terus bergulir, sehingga berdampak pada terkoreksinya harga. Di sisi lain Bulog bisa tenang menyerap semaksimal mungkin karena saluran pendistribusiannya sudah kita siapkan,” ungkapnya.



Sampai dengan 15 Maret 2023 ini, Bulog telah menyalurkan total 481 ribu ton beras SPHP di seluruh Indonesia. Adapun saat ini stok beras Bulog berada di posisi 287 ribu ton.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso saat meninjau ketersediaan beras SPHP di Transmart Cempaka Putih mengatakan, untuk tahap awal Bulog memasok sebanyak 1.000 ton beras ke gerai ritel modern Transmart di seluruh Indonesia.

Jumlah ini akan terus di pantau dan apabila kebutuhan meningkat, Bulog siap menambah pasokan sesuai kebutuhan sepanjang tahun.

“Pendistribusian beras SPHP melalui pasar ritel modern ini bertujuan untuk memastikan kebutuhan beras di masyarakat terpenuhi, terjangkau dan mudah didapat, di mana hal tersebut sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo,” ujarnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2183 seconds (0.1#10.140)