Pantau Bakat Atlet Jawa Tengah, Ganjar Kembangkan Aplikasi Sisakti

Minggu, 19 Maret 2023 - 09:30 WIB
loading...
Pantau Bakat Atlet Jawa Tengah, Ganjar Kembangkan Aplikasi Sisakti
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meluncurkan aplikasi Sisakti di Gedung Gradhika Bhakti Praja pada Jumat (17/3) pagi. FOTO/dok.Istimewa
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meresmikan logo dan maskot resmi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jawa Tengah, serta meluncurkan aplikasi Sisakti . Aplikasi Sisakti atau Sistem Informasi Olahraga Prestasi, dapat digunakan untuk mengetahui data informasi atlet, pelatih, wasit, cabang olahraga, KONI kabupaten dan kota juga berita terkini seputar olahraga Jawa Tengah.

"Kita punya data pertandingan semuanya, atlet ini, cabor ini, dia sudah tanding sekian kali, kita tahu profil pribadinya. Golongan darah, tinggi badan, berat badan, nomor sepatu, jersey, semua masuk," ujar Ganjar usai peluncuran, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jumat (17/3) pagi.



Tak hanya memberikan informasi terkini seputar atlet dan olahraga, aplikasi Sisakti yang digagas Ganjar bersama KONI Jawa Tengah juga dapat memantau kondisi dan kesiapan para atlet. Data yang diperoleh, nantinya bisa dijadikan acuan untuk mengetahui perkembangan dan kebugaran para atlet sebelum mengikuti pertandingan atau ajang tertentu.

"Nanti kita analisis trennya (atlet). Tadi kita minta umpama kampus yang punya jurusan atau fakultas teknologi informasi, kita minta untuk menguatkan aplikasi Sisakti," ucap Ganjar. "Harapannya dari semua aktivitas atlet itu bisa kita pantau kondisinya, kalau mau pertandingan mereka sudah fit dipilih dengan sistem itu," lanjut Ganjar.

Tak hanya itu, Ganjar juga membeberkan ihwal talent scouting atlet yang terus dilakukan Pemerintah Provinsi dan KONI Jawa Tengah. Sehingga, aplikasi Sisakti diharapkan juga mampu mendata calon atlet berpotensi dari daerah. "Siapapun yang punya kemampuan atau potensi akan kita kembangkan. Jadi data itu kita harapkan jadi database atlet yang ada di Jawa Tengah," tegas Ganjar.



Dengan semakin terdatanya atlet-atlet di Jawa Tengah, Ganjar menginginkan agar kehidupan atlet berprestasi dan pernah mengharumkan nama bangsa maupun daerah dapat lebih diperhatikan kesejahteraannya. "Jangan sampai lagi kita mendengar nasib atlet yang tidak diperhatikan, terus hidupnya sulit padahal dia peraih medali emas yang pernah mengharumkan nama daerah, bangsa," kata Ganjar.

Sebelum meresmikan logo dan maskot resmi Porprov Jawa Tengah, Ganjar juga melepas keberangkatan 450 atlet dan 113 pelatih yang akan mengikuti pelatihan daerah (pelatda) untuk diberangkatkan pada PON Aceh-Sumatera Utara XXI pada September tahun 2024 mendatang.

Sementara itu untuk Porprov XVI Jawa Tengah dijadwalkan akan diselenggarakan di Pati Raya pada 5-11 Agustus 2023 mendatang. Logo dan maskot resmi yang digunakan bergambar ikan bandeng sebagai ciri khas wilayah Pati Raya
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)