8.000 Jemaah Haji Siap Berangkat dari Bandara Kertajati Tahun Ini

Senin, 20 Maret 2023 - 09:33 WIB
loading...
8.000 Jemaah Haji Siap Berangkat dari Bandara Kertajati Tahun Ini
Bandara Kertajati akan melayani 8.000 jemaah haji tahun ini. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan Bandara Kertajati akan melayani 8.000 jemaah haji atau sekitar 20 kloter penerbangan tahun ini. Para jemaah berasal dari 7 kabupaten/kota, yakni Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Subang dan Sumedang.

"Para jemaah ini akan diberangkatkan pada musim haji tahun 2023/1444 H, sekitar Juni 2023," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui pernyataan resmi, Senin (20/3/2023).



Dia mengatakan penerbangan dari Bandara Kertajati telah dikonfirmasi oleh Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA) of Saudi Arabia, yang disampaikan melalui surat kepada Kemenhub melalui Atase Perhubungan Indonesia di Jeddah.

Untuk mendukung kelancaran jalur transportasi ke Bandara Kertajati, kata dia, Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) akan mulai beroperasi pada pertengahan April mendatang.

“Dengan beroperasinya jalan Tol Cisumdawu, waktu tempuh Bandung ke Kertajati maupun sebaliknya bisa ditempuh kurang lebih satu jam. Kita harapkan Bandara Kertajati akan semakin hidup, Tol Cisumdawu semakin ramai, dan masyarakat di sekitar Subang yang akan menuju bandara maupun sebaliknya semakin nyaman karena aksebilitasnya semakin mudah,” ucap Menhub.



Lebih lanjut, Menhub mengungkapkan, ketersediaan slot penerbangan di Bandara Kertajati masih sangat banyak yang bisa dimanfaatkan untuk melayani penerbangan umroh pada masa Lebaran tahun ini.

"Sepuluh hari menjelang lebaran biasanya banyak Jemaah yang ingin berangkat umroh. Di Bandara Kertajati ini slotnya unlimited jadi bisa kita terima berapapun," kata Menhub.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)