Investasi PLTS Masih Menarik bagi Industri, Ini Alasannya

Selasa, 21 Maret 2023 - 22:12 WIB
loading...
Investasi PLTS Masih Menarik bagi Industri, Ini Alasannya
Investasi pemasangan solar panel untuk pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) masih menarik bagi investor. Foto/SINDOnews/Muchtamir Zaide
A A A
JAKARTA - Investasi pemasangan solar panel untuk pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) masih menarik bagi investor saat menjalankan operasional industri energi.

Margin dari industri tersebut dinilai masih memiliki keekonomian yang menguntungkan, mengingat Indonesia memiliki energi surya yang melimpah sepanjang tahun.

CEO PT Sumber Energi Surya Nusantara (Sesna), Rico Syah Alam, mengatakan, kepastian industri energi baru terbarukan (EBT) dalam dunia usaha masih menjanjikan dengan berbagai skema, baik untuk pemerintah maupun sektor swasta.

“Pemerintah sendiri menawarkan beberapa skema bisnis bagi pelaku usaha di energi baru terbarukan, di antaranya adalah Power Purchase Agrement (PPA) di mana hasil listrik akan dibeli oleh PLN dengan margin yang sudah diperhitungkan dan oleh PLN akan didistribusikan kepada end user seperti pabrik atau rumahan," ujarnya melalui keterangan pers, Selasa (21/3/2023).

Kerja sama pembangkitan listrik energi surya dengan PLN, lanjut dia, memiliki nilai kontrak jangka panjang. Dengan demikian, kepastian investasi bisa diperhitungkan dengan rentang waktu yang lama tanpa harus khawatir adanya kendala ketidakpastian usaha.

Sesna selaku perusahaan pengembang proyek PLTS asal Indonesia yang berfokus pada penyediaan EBT melalui jasa pengembangan dan investasi PLTS, optimistis usahanya bisa berkembang di Tanah Air, mengingat usaha serupa di kawasan ASEAN telah berkembang pesat.

Terkait wacana aturan pembatasan 15% penggunaan maksimum PLTS oleh PLN, Sesna mengaku tidak terkendala dengan adanya wacana tersebut.

“Menurut kami secara teknologi dan finansial, hal tersebut tidak mengganggu operasional usaha bisnis dari penyediaan listrik EBT,” ungkapnya.

Rico memandang, dengan kepastian program dan peraturan pemerintah, investasi industri EBT akan tetap menarik, sebab dapat membantu pemerintah mencapai target pemenuhan bauran energi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)