Lewat PYCH, Anak Muda Papua Unjuk Kemampuan di Sektor Teknologi

Rabu, 22 Maret 2023 - 08:14 WIB
loading...
Lewat PYCH, Anak Muda Papua Unjuk Kemampuan di Sektor Teknologi
Anak muda Papua yang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH) binaan BIN unjuk kemampuan dengan peluncuran gadget sendiri dengan brand TOP.ID. Foto/Dok
A A A
JAYAPURA - Anak muda Papua yang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH) binaan BIN unjuk kemampuan dengan peluncuran gadget sendiri dengan brand TOP.ID. Diluncurkan secara resmi pada peresmian PYCH pada 21 Maret 2023 oleh Presiden Joko Widodo bersama Kepala BIN Budi Gunawan.



TOP.ID sendiri merupakan kependekan dari Torang Papua Indonesia. Di bawah bimbingan Puslitbang BIN dengan nama brand TOP.ID ini, anak muda Papua telah berhasil menciptakan inovasi 4 aplikasi canggih yakni Bersih Sampah-Containder, dan Papua Pacific Park, Aplikasi Pendamping Desa dan Mangament Talenta Papua (Mantap).

Gadget TOP.ID menunjukkan inovasi teknologi informasi digital yang lebih maju dan siap bersaing di kancah nasional, bahkan internasional dari tanah Papua.



Untuk mendukung karya tersebut, saat ini produk Gadget TOP.ID yang memiliki tingkat TKDN hingga 51% sudah terdaftar HAKI (Hak Kekayaan Intelektual).

“Apresiasi diberikan pada Produk Gadget TOP.ID, hal ini bisa memberikan inspirasi bagi anak muda Papua dan wilayah lain di Indonesia bahwa kita mampu berdaya dan menciptakan teknologi dan inovasi canggih. Selanjutnya, diharapkan ide-ide dan inovasi baru dapat turut dimunculkan untuk 4 wilayah lainnya yaitu Aceh, Papua Barat, Maluku, dan NTT untuk membangun Youth Cr eative Hub sesuai arahan Presiden," ujar Kepala BIN Budi Gunawan.

Selain itu dalam pidatonya, Presiden Jokowi turut menyampaikan kebanggaannya terhadap produk kreasi dan inovasi dari anak-anak Muda Papua yang dihasilkan oleh PYCH ini. Kepala Negara mengharapkan keberadaan pusat kreativitas PYCH dapat mendorong peningkatan kesejahteraan dan kemajuan rakyat Papua.

“Semuanya memiliki kesempatan karena saya melihat peluang, opportunity. Kesempatan di Tanah Papua masih sangat besar sekali untuk bisa anak-anak muda masuk. Dan, ini kita harapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan, memberikan peningkatan kemajuan kepada masyarakat Papua yang kita cintai,” ujar Presiden dalam sambutannya.

embangunan PYCH merupakan tindak lanjut dari pertemuan di Istana Negara pada September 2019 silam, antara Presiden Jokowi dengan sejumlah anak muda Papua yang memiliki cita-cita untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Papua.

“Pagi hari ini saya betul-betul merasa sangat bangga, karena permintaan saat itu 23 anak-anak muda Papua yang saya undang ke Istana untuk memiliki sebuah ruang untuk pemberdayaan, peningkatan kualitas SDM, hari ini bisa kita lihat bersama di Papua Youth Creative Hub di Jayapura,” ujarnya.

Presiden juga mengaku senang melihat produk-produk kreasi dan inovasi anak muda Papua yang ada PYCH, mulai dari produk fesyen, musik, fotografi, peternakan, perikanan, bahkan teknologi platform aplikasi .

“Semuanya ada di PYCH ini, dari mulai tadi masuk di pembuatan handphone, pembuatan laptop, kemudian ada podcast, ada studio musik, ada studio untuk fotografi, dan juga memamerkan produk-produk yang ada di Tanah Papua dengan kemasan dan packaging, dengan branding yang sangat bagus sekali,” ucap Presiden.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)