Majukan Sektor Transportasi, Pengurus Baru MTI Siap Perkuat Kemitraan dengan Pemerintah

Rabu, 22 Maret 2023 - 23:28 WIB
loading...
Majukan Sektor Transportasi, Pengurus Baru MTI Siap Perkuat Kemitraan dengan Pemerintah
Pelantikan pengurus MTI periode 2022-2025 di Jakarta, Rabu (22/3/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) diharapkan terus memberikan masukan penting untuk kemajuan transportasi di Indonesia.

Jejaring MTI di tingkat pusat hingga daerah memungkinkan munculnya ide-ide segar yang bisa menjadi solusi atau masukan bagi pemerintah untuk mengatasi berbagai permasalahan transportasi di pelbagai daerah.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam acara Pelantikan Pengurus Pusat dan Majelis Profesi dan Etik Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) periode 2022-2025 di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, hari ini.

Pengurus Pusat MTI dipimpin oleh Ketua Umum Tory Damantoro dan Sekretaris Jenderal Haris Muhammadun, dengan Majelis Profesi dan Etik dipimpin Prof Agus Taufik Mulyono.

"MTI selalu memberikan insight, termasuk dalam menangani persoalan-persoalan transportasi daerah yang sulit," kata Menhub, Rabu (22/3/2023).

Sementara Tory Damantoro menyampaikan, kepengurusan MTI 2022-2023 adalah kepengurusan transisi dan sinergi lintas generasi, yang diharapkan dapat memperkuat gerak langkah MTI mengemban amanah Kongres 2022. Amanah tersebut antara lain perkuatan MTI sebagai mitra strategis pemerintah dalam perumusan kebijakan transportasi.

MTI juga menyatakan siap untuk bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di bidang transportasi sesuai dengan motto "Sinergi Mewarnai Kemajuan Transportasi Indonesia".



Bekerja sama dengan pengurus wilayah, sambung Tory, MTI menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam menganalisis masalah dan melahirkan solusi dalam mewujudkan transportasi berkelanjutan.

Pengurus MTI Pusat masa bakti 2022-2023 membentuk 8 forum MTI yang terdiri atas forum transportasi perkotaan, transportasi laut; transportasi udara; transportasi kereta api dan angkutan antar kota; transportasi cerdas; transportasi logistik; transportasi lingkungan dan energi; serta forum pembiayaan transportasi dan infrastruktur.

Semua forum akan bersinergi dengan semua asosisasi dan perguruan tinggi untuk bersama-sama merumuskan masukan kebijakan pembangunan transportasi yang dibutuhkan dalam penyusunan RPJP dan RPJMN, dalam revisi perundang-undangan transportasi, maupun dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).



Sementara itu, Ketua Majelis Profesi dan Etik Agus Taufik Mulyono menyampaikan bahwa sebagai bagian dari pengembangan profesi, MTI berkontribusi dalam penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di bidang transportasi di Indonesia agar benar-benar legal dan kompeten. Adapun sejauh ini MTI telah menyiapkan 10 draft Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)