Pelatihan Pengelolaan Limbah Kopi Jadi Sabun Ciptakan Peluang Usaha

Kamis, 23 Maret 2023 - 13:30 WIB
loading...
Pelatihan Pengelolaan Limbah Kopi Jadi Sabun Ciptakan Peluang Usaha
UKM Sahabat Sandi Lampung menggelar pelatihan mengubah limbah kopi menjadi sabun mendorong penciptaan peluang usaha baru. FOTO/dok.Istimewa
A A A
LAMPUNG - UKM Sahabat Sandi Lampung menggelar pelatihan mengubah limbah kopi menjadi sabun untuk menciptakan peluang usaha baru. Kegiatan tersebut bertujuan mendorong menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru.

"Kita adakan pelatihan supaya mereka dapat ilmu bermanfaat. Selain itu juga untuk emak-emak yang belum punya usaha di sini kita rangkul," ujar Ketua UKM Sahabat Sandi Lampung Fitdyatini, Kamis (23/3/2023).

Menurut dia program tersebut merupakan inisiasi dari Menparekraf Sandiaga Uno. Adapu program tersebut dinilai tepat sasaran karena bermanfaat langsung kepada masyarakat. "Programnya juga tepat sasaran jadi beliau langsung ke masyarakat ke UMKM," jelasnya.



Tidak hanya pelatihan, ,UKM Sahabat Sandi Lampung juga menyediakan fasilitas perizinan usaha. Sebab, masih banyak UMKM yang belum memiliki izin usaha dan memiliki kendala dalam melakukan perizinan usahanya.

"Selain pelatihan, kami juga memberikan perizinan pada mereka yang belum punya izin usaha, jadi kami disini berikan gratis untuk yang belum punya," kata Fitdyatini.

Salah satu peserta, Pujiastusi menceritakan, pelatihan tersebut sangat bermanfaat karena memberikan ilmu mudah yang jarang diketahui orang banyak. Di sisi lain, pelatihan tersebut juga bisa memberikan pendapatan lebih di bulan Ramadan, ia berterima kasih kepada pihak penyelenggara, sebab selain pelatihan ia juga difasilitasi perizinan usaha.

Baca Juga: Drummer Slipknot Bulan Madu di Bali, Sandiaga Ucapkan Terima Kasih Promosikan Keindahan Pariwisata Indonesia

"Saya sebagai ibu rumah tangga tertarik dengan adanya pelatihan ini, kita bisa punya ilmu dan bisa kita manfaatkan ada nilai jualnya juga. Kita dikasih perizinan usaha, legalitas itukan penting, makanya disini beruntunglah difasilitasi, terima kasih kepada UKM Sahabat Sandi Lampung, khususnya Pak Sandiaga," kata Pujiastusi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)