Komitmen Menciptakan SDM Unggul lewat Program Magang Kerja

Selasa, 28 Maret 2023 - 19:21 WIB
loading...
Komitmen Menciptakan SDM Unggul lewat Program Magang Kerja
Program magang kerja bisa meningkatkan kompetensi SDM. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Guna mendorong peningkatan sumber daya manusia ( SDM ) yang andal dan berdaya saing global, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali membuka tiga program magang kerja , yaitu Pupuk Kaltim Apprentice Challenge (PAC) Batch VIII, dan PAC Makmur tahun 2023, serta Magang Dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Program ini berlangsung selama enam bulan ke depan, terhitung mulai tanggal 16 Maret 2023.



VP Pengembangan SDM dan Organisasi (PSDMO) Pupuk Kaltim Bondar Priandono mengungkapkan, PAC merupakan program rutin tahunan perusahaan, yang kali ini diikuti 45 peserta se-Kota Bontang. Program ini sebagai komitmen meningkatkan kompetensi lokal sehingga mampu bersaing menghadapi dunia kerja, serta memberdayakan masyarakat usia produktif di lingkungan perusahaan agar menjadi tenaga kerja potensial di Kota Bontang.

Langkah ini sejalan dengan upaya peningkatan kualitas SDM di Indonesia yang dicanangkan pemerintah, melalui realisasi program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). "Dalam lima tahun terakhir, program PAC telah diikuti 427 peserta jenjang diploma III dan strata I. Seluruh lulusan saat ini mampu bersaing dalam berbagai bidang, bahkan sebagian di antaranya juga bekerja di Pupuk Kaltim," ujar Bondar, dalam keterangannya, Selasa (28/3/2023).

Selanjutnya untuk PAC Makmur, dilaksanakan sebagai upaya mendukung program Makmur Pupuk Kaltim bekerja sama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian, yang berada di bawah Pusdiklat Kementerian Pertanian RI. Tahun ini PAC Makmur diikuti 71 mahasiswa, dengan penempatan selama enam bulan sebagai tenaga agronomis dan melakukan pendampingan intensif kepada petani di seluruh wilayah tanggung jawab distribusi Pupuk Kaltim.

"Peserta PAC Makmur juga berkesempatan memberikan ide gagasan perbaikan masalah yang ditemui di lapangan, untuk disajikan dalam bentuk makalah inovasi yang dipresentasikan di akhir program dengan mentor BOD-1 Pupuk Kaltim," lanjut Bondar.

Sementara untuk program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan kerja sama Pupuk Kaltim dengan Kampus Merdeka Kemendikbudristek, yang bertujuan memberi kesempatan peserta magang untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Melalui program ini, mahasiswa akan mendapat pengalaman kerja di industri dan dunia profesi nyata selama satu semester, dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang.

"Mereka akan mendapatkan hard skill maupun soft skill yang bisa dijadikan bekal untuk memasuki dunia kerja," tutur Bondar.

Pada kesempatan itu, Pupuk Kaltim juga menutup dua program pemagangan yang telah berjalan enam bulan terakhir, dengan penempatan peserta di seluruh unit kerja perusahaan. Di antaranya PAC Batch VII serta MAGENTA atau Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang merupakan inisiasi Kementerian BUMN.

Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman, mengatakan program magang merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan Pupuk Kaltim secara terpadu, dan rutin setiap tahun untuk mencetak generasi yang unggul serta berdaya saing global. Hal ini juga wujud kontribusi Pupuk Kaltim terhadap peningkatan kapasitas dan kompetensi masyarakat, sehingga ke depan dapat mampu bersaing dalam menghadapi dunia kerja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)