IBC Ingin Jadikan Baterai Kendaraan Listrik Layaknya Kartu ATM

Rabu, 29 Maret 2023 - 11:49 WIB
loading...
IBC Ingin Jadikan Baterai Kendaraan Listrik Layaknya Kartu ATM
Standardisasi baterai kendaraan listrik akan menjadikannya seperti kartu ATM. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indonesia Battery Corporation ( IBC ) resmi menggandeng tiga perusahaan manufaktur, yakni Gesits, Alva, dan Volta untuk mengembangkan kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia. Sebagai salah satu pemegang saham dari IBC, PT PLN (Persero) mendukung penuh langkah strategis IBC untuk mempermudah pengguna motor listrik melalui upaya standardisasi perangkat baterai.



Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, kolaborasi ini akan mempermudah pengguna motor listrik melalui standardisasi dan beragam inovasi bagi ekosistem kendaraan listrik.

"Dengan sinergi ini maka fasilitas infrastruktur KBLBB dapat digunakan secara cross platform, mendorong standardisasi dan berbagai inovasi-inovasi lainnya dalam pengembangan khususnya motor listrik," ujar Darmawan, Rabu (29/3/2023).

Menurutnya, kolaborasi akan mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik, sehingga akses dan pelayanan yang optimal bagi masyarakat makin terpenuhi.

"Untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik lebih masif lagi di masyarakat dibutuhkan akses dan pelayanan yang optimal bagi masyarakat. Untuk itu, kolaborasi perlu dilakukan oleh semua pihak," katanya.

Darmawan menilai integrasi dengan para produsen motor listrik mampu memberikan kemudahan bagi pelanggan sehingga tak perlu khawatir untuk penukaran baterai.

Senada, Direktur Utama IBC Toto Nugroho menjelaskan, standardisasi baterai sangat penting dilakukan. Perbedaan antara charging panel dan baterai membuat pilihan masyarakat atas kendaraan listrik menjadi minim. Dengan standar yang baku dan sama, maka mendorong minat masyarakat memiliki kendaraan listrik.

“Ini adalah langkah yang sangat strategis karena kita menginginkan platform hardware dan software terjadi standarisasi. Dengan keseragaman ini maka semua masyarakat bisa menikmati tanpa harus ragu ada perbedaan antara panel dan baterai," ucap Toto.

Toto menambahkan, bahwa gambaran besar dari kerja sama ini adalah layaknya kartu ATM bersama. Meski ada beberapa jenis mesin ATM yang berbeda dan dari berbagai jenis bank, namun jenis kartu ATM apa pun bisa dipergunakan secara general.



“Ini adalah hal-hal yang kami rencanakan, dan intinya buat kita apa pun motor listriknya baterainya dari IBC dan listriknya dari PLN,” tambahnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)