Resmikan KEK MNC Lido City, Jokowi: Saya Betul-betul Sangat Senang

Jum'at, 31 Maret 2023 - 11:10 WIB
loading...
Resmikan KEK MNC Lido City, Jokowi:  Saya Betul-betul Sangat Senang
Jokowi mengungkapkan rasa senangnya saat meresmikan KEK MNC Lido City. Foto-foto/AzizIndra/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City , di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, hari ini, Jumat 31 Maret 2023. Jokowi didamping Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan sejumlah menteri tiba di lokasi sekitar pukul 8.30.



"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya resmikan Kawasan Ekonomi Khusus Lido di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat," kata Jokowi dalam sambutannya di Ballroom Lido Lake Resort, Bogor, Jumat (31/3/2023).

Jokowi merasa senang dengan kehadiran KEK MNC Lido City. Sebelum menyampaikan sambutan, Jokowi sempat diajak Hary Tanoesoedibjo untuk melihat-lihat kawasan.

"Setelah tadi muter-muter KEK Lido ini saya betul-betul sangat senang. Karena apa, infrastruktur yang kita bangun baik itu airport, baik itu pelabuhan, baik itu jalan tol sekarang satu per satu sudah kelihatan manfaatnya. Dan dimanfaatkan oleh sektor swasta untuk mendapatkan nilai-nilai keekonomian," kata Jokowi.

Resmikan KEK MNC Lido City, Jokowi: Saya Betul-betul Sangat Senang


Menurut Jokowi, kehadiran KEK MNC Lido City merupakan dampak positif dari pembangunan infrastruktur, salah satunya jalan tol. Pembangunan jalan tol itu kemudian diintegrasikan dengan sejumlah kawasan, seperti kawasan industri, pertanian, perkebunan, dan pariwisata.

"Tol Jagorawi yang disambung dengan Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) dimanfaatkan betul oleh Pak Hary Tanoe untuk KEK Lido," jelas Jokowi.

Jokowi optimistis KEK MNC Lido City bisa mendatangkan banyak wisatawan, dan juga mengurangi warga Indonesia liburan ke luar negeri. Sebab, KEK MNC Lido City menghadirkan beragam venue yang sangat menarik.

"Kita harapkan ke depan tak ada lagi masyarakat yang lebih senang liburan ke luar negeri, daripada liburan di negaranya sendiri," tandas Jokowi.

Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata MNC Lido City secara resmi telah mendapat status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 69 Tahun 2021 tanggal 16 Juni. PP tersebut ditandatangani Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

KEK MNC Lido City dimiliki oleh PT MNC Land Tbk (KPIG) melalui anak perusahaannya PT MNC Land Lido. KEK MNC Lido City merupakan world-class entertainment hospitality city seluas 3.000 ha di Jabodetabek.

KEK MNC Lido City merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang terdekat dari Jakarta dengan pengembangan kawasan hunian, komersial, destinasi pariwisata, serta resor terintegrasi seluas 1.040 Ha dari total 3.000 Ha luas area di Lido, Jabodetabek.

Berlokasi sekitar 60 kilometer dari Jakarta, KEK MNC Lido City dapat dicapai langsung melalui Tol Bocimi dengan waktu tempuh satu jam dari Jakarta. Berada di lokasi dengan ketinggian sekitar 600m di atas permukaan air laut dan dikelilingi oleh Gunung Salak, Gunung Gede, dan Gunung Pangrango.

KEK Lido MNC Lido City, memiliki Movieland yang menyediakan fasilitas produksi dan berbagai backlot untuk pembuatan film. Kehadiran Movieland akan mewarnai industri perfilman nasional dan menjadi daya tarik baru di kawasan KEK MNC Lido City.

Di samping itu, lapangan golf 18-hole berstandar World Championship yang akan segera menjadi tujuan utama bagi pegolf dalam dan luar negeri, dilengkapi dengan fasilitas olahraga, hiburan, dan pemandangan hijau tak tertandingi dari pegununganpegunungan di Indonesia. Di sekitar lapangan juga akan dibangun private clubhouse dan villa yang diharapkan akan menjadi sumber penghasilan terbesar perseroan dalam 2-3 tahun ke depan.

Resmikan KEK MNC Lido City, Jokowi: Saya Betul-betul Sangat Senang


Begitu pula Lido Music & Arts Center yang merupakan world-class outdoor venue pertama di Indonesia untuk penyelenggaraan berbagai festival musik dan seni nasional maupun internasional, juga akan dirampungkan pada H1-2023, merespons tren festival dan konser luring yang makin ramai digelar di Tanah Air akhir-akhir ini.

Lido World Garden merupakan family edutainment garden berkelas dunia yang akan menghadirkan keindahan taman dan budaya menakjubkan dari berbagai belahan dunia. Dikembangkan di atas lahan seluas 17 Ha, Lido World Garden menghadirkan konsep taman bunga yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan dan membawa wisatawan berpetualang menyaksikan landmark peradaban bersejarah dan ikonik.



Menjawab tingginya tingkat hunian hotel bintang lima Lido Lake Resort, 125 kamar tambahan Lido Lake Resort Extension sedang diselesaikan agar dapat beroperasi pada Q3-2023. Sebagai pihak yang ditunjuk Pemerintah untuk mengelola Danau Lido, KPIG juga mengembangkan Lido Adventure Park, kegiatan rekreasi air, ruang acara dan berbagai fasilitas pendukung.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)