Raih Kinerja Positif, MNC Kapital Indonesia Bukukan Pendapatan Rp2,84 Triliun di 2022

Senin, 03 April 2023 - 13:37 WIB
loading...
Raih Kinerja Positif, MNC Kapital Indonesia Bukukan Pendapatan Rp2,84 Triliun di 2022
PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) berhasil mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun lalu. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) berhasil mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun lalu. MNC Kapital Indonesia berhasil meraup pendapatan sebesar Rp2.849,4 miliar atau Rp2,84 triliun sepanjang 2022 naik 4,2% dari tahun sebelumnya sebesar Rp2.735,1 miliar.

"Menjalani 2023, MNC Kapital tidak akan lengah dengan pencapaian kinerja yang kokoh di 2022, melainkan terus bergerak 'in motion' dan membenahi diri dengan 'what’s next?', menuju layanan keuangan digital yang paling terintegrasi di Indonesia," kata Direktur Utama BCAP Yudi Hamka melalui pernyataannya, Senin (3/4/2023).



Berdasarkan laporan perusahaan, kenaikan tersebut ditopang oleh bisnis digital yang tumbuh paling signifikan 101,0% menjadi Rp290,6 miliar dari Rp144,6 miliar. Segmen terbesar dari total pendapatan Perseroan berasal dari pendapatan bunga dan dividen dengan Rp1.670,3 miliar, dan diikuti dengan pendapatan pasar modal sebesar Rp370,4 miliar. Laba bersih BCAP tercatat sebesar Rp148,0 miliar, lebih tinggi dari Rp147,2 miliar di tahun sebelumnya.

Kontributor utama pendapatan BCAP berasal dari MNC Bank sebesar 45,1% dari total pendapatan konsolidasi, diikuti oleh MNC Life 9,8%, MNC Insurance 9,3%, MNC Finance 8,4%, MNC Sekuritas 7,9%, MNC Leasing 5,0%, MNC Asset Management 1,1%, FM Digital Solution 1,0%, MNC Teknologi Nusantara 0,7%, dan lain-lain 11,7%.

Yudi mengatakan bahwa BCAP akan terus fokus menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan layanan keuangan yang dapat diandalkan dengan aktif mengakselerasi kapabilitas digital serta mencetuskan berbagai inovasi dan kolaborasi.

Selain itu, PEFINDO menaikkan peringkat kredit Perseroan menjadi 'idBBB+' dari 'idBBB' dengan outlook stabil pada 2022. Kenaikan peringkat ini mencerminkan bisnis Perseroan yang makin kuat, seiring dengan perkembangan signifikan dalam strategi integrasi ekosistem digital, permodalan di atas rata-rata, juga likuiditas dan fleksibilitas keuangan yang memadai.



Adapun BCAP sepanjang 2022 mengkonsolidasikan layanan-layanan berbasis transaksinya di bawah PT Motion Digital Technology (Motion Digital), anak perusahaan yang dimiliki dan dikendalikan penuh oleh BCAP, yang meliputi MotionBanking oleh MNC Bank, MotionTrade oleh MNC Sekuritas, MotionPay dan Flash Mobile oleh MNC Teknologi Nusantara.

Perseroan telah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) untuk mengkonsolidasikan MotionBanking oleh MNC Bank, MotionPay dan Flash Mobile oleh MNC Teknologi Nusantara di bawah Motion Digital. Sedangkan MotionTrade masih dalam proses memperoleh persetujuan OJK.

MotionBanking

MNC Bank memperluas aksesibilitas masyarakat Indonesia dengan meluncurkan aplikasi perbankan digital, MotionBanking. Di 2022, MNC Bank telah menjalin beberapa kerja sama strategis, seperti Indomaret, di mana pengguna MotionBanking dapat melakukan setor dan tarik tunai di lebih dari 21.000 gerai Indomaret di seluruh Indonesia. Sedangkan kerja sama dengan BPJAMSOSTEK dan Taspen
memungkinkan nasabah untuk menerima dana pensiun secara digital melalui MotionBanking.

Selain memiliki fitur QRIS yang memungkinkan pengguna MotionBanking untuk bertransaksi di merchant QRIS seluruh Indonesia, MotionBanking juga menawarkan Deposito Online langsung dari aplikasi. Hal-hal di atas diyakini dapat mempercepat akuisisi pengguna dan meningkatkan volume transaksi untuk pertumbuhan bisnis inti MNC Bank.

MotionTrade
Sebagai salah satu aplikasi online trading terbaik di Indonesia, MotionTrade memastikan proses transaksi yang stabil, mudah, dan cepat, baik untuk nasabah konvensional dan syariah. MotionTrade menawarkan fitur “Super Order” yang memungkinkan pengguna memaksimalkan keuntungan dengan meminimalisir kerugian, dilengkapi dengan riset dan berita terbaru. Untuk trader berpengalaman, MotionTrade juga memiliki fitur “Speed Order” dan “Power Buy and Sell Analysis”.

MotionPay
Pada 2022, MotionPay mendapatkan persetujuan Bank Indonesia untuk layanan Account Linkage. Layanan ini bertujuan memperkuat sinergi antara MNC Bank dan MNC Teknologi Nusantara serta memberikan pengalaman seamless dalam menggunakan aplikasi-aplikasi Motion yang dikembangkan Perseroan. MotionPay terus aktif mengejar pertumbuhan bisnis dengan memperluas kolaborasi bersama berbagai mitra ternama, baik dari internal maupun eksternal MNC Group.

Flash Mobile (FM) hadir dengan tiga layanan inti yang meliputi payment gateway, biller aggregator dan invoicing untuk mendukung transaksi bisnis dengan berbagai metode pembayaran. Sebagai biller aggregator, FM melayani lebih dari 2.500 merchant online dan offline serta biller MNC Group untuk pembayaran tagihan melalui intergrasi Single API. Sebagai solusi payment gateway, FM mendukung metode pembayaran seperti transfer bank, kartu debit dan kredit, QRIS, retail outlet dan e-wallet. Flash Mobile juga menyediakan value-added services termasuk layanan messaging dan digital onboarding untuk mendukung digitalisasi di bidang jasa keuangan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2243 seconds (0.1#10.140)