Bagian dari KEK Lido, Movieland Akan Jadi Kompleks Studio Terpadu di Asia Tenggara

Senin, 03 April 2023 - 16:42 WIB
loading...
Bagian dari KEK Lido, Movieland Akan Jadi Kompleks Studio Terpadu di Asia Tenggara
Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri dan Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo saat meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido Bogor, Jawa Barat. FOTO/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Pada 31 Maret 2023 menandai hari pertama pengoperasian Kawasan Ekonomi Khusus Lido (KEK Lido), dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo . Sebagai destinasi kelas dunia, KEK Lido terletak hanya satu jam dari Jakarta dan menawarkan banyak atraksi menarik, semakin memperkuat industri pariwisata dan perhotelan Indonesia.

Di antara banyak properti di area tersebut, Movieland memiliki peran penting dalam pembangunan tersebut. Kerja sama antara PT MNC Land Tbk (KPIG) dan PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN), Movieland terletak di atas lahan seluas 21 hektar dan direncanakan untuk menjadi kompleks studio yang paling terintegrasi di Asia Tenggara.

"Perseroan siap mendukung industri perfilman Indonesia dengan Movieland. Sebagai bagian dari KEK Lido, Movieland terletak di atas tanah seluas 21 hektar, dan dilengkapi dengan beragam latar, mulai dari alam hingga fasad kota dan rumah hunian. Properti ini merupakan kompleks produksi konten terbesar dan terintegrasi di Asia Tenggara, yang didukung dengan teknologi canggih untuk kualitas pemrograman terbaik untuk melayani pemirsa dimanapun. Kami senang dengan fasilitas ini dan tidak sabar untuk menuai keuntungan dari investasi kami ke depannya," ujar Direktur MSIN Valencia Tanoesoedibjo melalui siaran pers, Senin (3/4/2023).



Fasilitas ini mencakup proses pembuatan film secara end-to-end, mulai dari pra produksi hingga pasca produksi. Perseroan yakin Movieland akan sangat mendukung dalam meningkatkan kualitas konten dan sebagai peningkatan efisiensi dalam produksi melalui banyak koleksi backlot dan fasad mulai dari rumah, supermarket, sekolah, pemandangan alam hingga rumah sakit. Selain itu, fasilitas pasca produksi dalam Movieland juga akan dilengkapi dengan teknologi canggih untuk memastikan kualitas pengalaman menonton terbaik untuk pemirsa di mana saja.

Studio tersebut juga akan memiliki sound stage seluas 1500m2, difasilitasi dengan tangki air dalam ruangan dan green screen, yang akan siap digunakan pada tahun 2024. Selain itu, per Desember 2022, program-program terbaik MSIN program seperti 'Cinta Alesha', 'Takut Gak Sih', dan 'Kesetiaan Janji Cinta' telah memulai produksi di Movieland.

Baca Juga: Hary Tanoesoedibjo: KEK Lido Akan Berdampak Besar terhadap Ekonomi Rakyat

Untuk kedepannya, Perseroan akan memiliki lebih banyak konten untuk diproduksi di fasilitas tersebut, terutama dengan tahap kedua yang selesai pada tahun 2024. Selain itu, MSIN juga berencana agar Movieland terbuka untuk umum di masa mendatang, yang memungkinkan para tamu untuk menyaksikan proses produksi melalui paket wisata.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)