Ini Upaya LPKR Investasi Penghijauan di Kota Mandiri

Selasa, 04 April 2023 - 16:56 WIB
loading...
Ini Upaya LPKR Investasi Penghijauan di Kota Mandiri
PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) berkomitmen berinvestasi ruang hijau di sejumlah pengembangan kota mandiri.
A A A
JAKARTA - PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR), platform real estat dan layanankesehatan terkemuka di Indonesia berdasarkan pendapatan, berkomitmen berinvestasi ruang hijaudi sejumlah pengembangan kota mandiri. Adapun beberapa kota mandiri LPKR yang telahberkembang pesat adalah Lippo Village, Lippo Cikarang, dan Tanjung Bunga.

Kota mandirisendiri merupakan kawasan yang memiliki sistem permukiman, perkantoran, pusat bisnis hinggafasilitas bisnis yang terintegrasi. Sesuai dengan namanya, wilayah perkotaan ini cenderungmemiliki pertumbuhan ekonominya sendiri.

Berkaitan dengan komitmen investasi ruang hijau, Group CEO LPKR John Riady menyampaikanbahwa LPKR telah menanam lebih dari 165.000 pohon di Lippo Village, Lippo Cikarang, danTanjung Bunga, yang sebagian besar ditanami oleh penduduk lokal dan komunitas masyarakat.Selain menciptakan lingkungan yang asri, pohon-pohon tersebut juga berfungsi sebagai penyaringkarbon di udara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK).

(Baca juga:Pendapatan Lippo Karawaci Tembus Rp12,25 Triliun)

LPKR berkomitmen melakukan investasi untuk peremajaan dan perawatan penghijauan di ruangumum, terutama degan menanam pohon dan membudidayakan tanaman lokal. Sebagai contoh,pada 2019 hingga 2021, LPKR telah menghabiskan lebih dari Rp1 miliar untukmeremajakan ruang hijau yang pasif atau terlantar di Lippo Village, yang menghasilkan tambahan32.000 meter persegi ruang hijau terbuka untuk dinikmati penghuni dan masyarakat umum.

“Perkembanganpesat bisnis kami di bidang layanan kesehatan, mal dan perhotelan tidak mengurangi komitmenkami untuk menciptakan ekosistem perkotaan yang asri, berkelanjutan dan berkembang untukdinikmati oleh semua kalangan,” tegas John Riady dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/4/2023).

(Baca juga:Bisnis Properti Lippo Karawaci Perlahan Mulai Pulih)

Di samping itu, upaya melakukan penanaman pohon dan penempatan area terbuka hijau di tempatyang strategis juga membantu mengurangi panas di lingkungan perkotaan. Contohnya, rata-ratatemperatur harian di Lippo Village adalah 28 derajat Celcius, yang mana 3 derajat lebih rendahdaripada rata-rata temperatur harian di Jakarta yaitu 31 derajat Celcius.

John juga menjelaskan bahwa sejak awal pendiriannya, LPKR memiliki visi untuk memberikandampak kehidupan melalui pengembangan kota-kota mandiri yang terencana dan berkelanjutandalam lingkungan hijau serta infrastruktur fisik dan sosial kelas satu.

Ke depannya, manajemenLPKR berkomitmen untuk lebih mengintegrasikan keberlanjutan dalam strategi dan operasi bisnis,dengan membangun momentum yang baik dari upaya keberlanjutan perusahaan.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)