Kebocoran Gas Hidrogen Jadi Sebab Utama Ledakan Kilang Dumai, Ini Dampaknya

Selasa, 04 April 2023 - 19:35 WIB
loading...
Kebocoran Gas Hidrogen Jadi Sebab Utama Ledakan Kilang Dumai, Ini Dampaknya
Pertamina akhirnya mengungkapkan, penyebab utama ledakan Kilang Dumai Riau beserta kronologis serta efek kerusakan yang ditimbulkannya. Foto/Dok Pertamina
A A A
JAKARTA - Kebakaran dan ledakan Kilang Dumai Riau , milik PT Pertamina (Persero) menimbulkan kerusakan infrastruktur yang masih tergolong ringan. Tidak saja membuat sembilan orang luka-luka, ratusan rumah warga juga rusak akibat ledakan Kilang Dumai .



Sejumlah fasilitas umum dan pendidikan pun ikut terdampak akibat insiden tersebut. Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Taufik Aditiyawarman menyebut, ada sembilan orang yang mengalami luka ringan, namun sudah dirawat dan kembali beraktivitas. Mereka adalah para pekerja di Kilang Dumai.



Di sisi kerusakan, ada 418 unit rumah warga yang rusak. Lalu, empat unit bangunan masjid, dan tiga unit fasilitas umum terdiri dari bangunan SD dan SMP.

"Jadi dampak (kebakaran) pada 3 April 2023 dari korban personal ada 9 orang, luka gores akibat serpihan kaca, seluruhnya telah pulang, dan saat ini telah bekerja kembali, itu semua adalah pekerja di RU II Dumai. Kemudian fasilitas umum, fasilitas sosial, ada masjid empat unit, dan SD-SMP ada unit-unit," ungkap Taufik saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR RI, Selasa (4/4/2023).

Untuk penanganan, Taufik memastikan pihaknya fokus pada perbaikan pemulihan rumah warga dan fasilitas umum tersebut. "Perbaikan untuk fasum (fasilitas umum) kami prioritaskan dan sudah dimulai sejak kemarin, tanggal 3 April 2023," ucapnya.

Pertamina mencatat kebocoran gas hidrogen menjadi sebab utama ledakan Kilang Dumai pada Sabtu malam (1/4/2023), tepatnya pukul 22.42 WIB.

Taufik mengatakan, kebocoran terjadi pada gas hidrogen pipa 6 inci untuk compressor 212-C-2. Di mana, letak kebocoran terjadi di line 2nd stage discharge compressor.

"Kronologis kenapa terjadi fire atau flash di pipa 6 inci make up gas compressor di Kilang Dumai. Jadi pada jam 22.42 terjadi kebocoran gas hidrogen pada pipa 6 inci di compressor 212-C-2, kemudian letak bocorannya pada line 2nd stage discharge compressor-nya," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)