Jalur Pansela Jatim Dipastikan Siap Saat Mudik Lebaran 2023, Begini Kondisinya

Selasa, 04 April 2023 - 21:27 WIB
loading...
Jalur Pansela Jatim Dipastikan Siap Saat Mudik Lebaran 2023, Begini Kondisinya
Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, jalur pantai selatan (Pansela) siap untuk dilalui saat musim mudik Lebaran 2023. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ), Basuki Hadimuljono mengatakan, jalur pantai selatan (Pansela) siap untuk dilalui saat musim mudik Lebaran 2023 . Menurutnya saat ini untuk Pansela Jatim kondisinya sudah sangat baik, meskipun baru ada satu tempat peristirahatan.

"Pansela kondisi sangat baik, walaupun baru hanya satu tempat istirahat, namun Pertamina sudah memprogramkan Mobile Pertamina yang akan melayani sepanjang Pansela," kata Menteri Basuki usai Raker bersama Komisi V DPR RI, Selasa (4/4/2023).



Direktur Jendral Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian menambahkan, saat ini jalur Pansela sudah dapat dilewati hingga ke Sendangbiru yang mengarah ke Banyuwangi.

Akan tetapi menurutnya saat ini jalur Pansela masih butuh penerangan yang lebih agar meningkatkan kemantapannya dan kenyamanan para pengguna jalan. Namun Kementerian PUPR memastikan jalur tersebut sudah dapat dilintasi baik siang maupun malam hari.

"Kemarin saya baru dari sana, itu baru ada satu rest area di Pansela itu, kalau penerangan itu perhubungan," sambungnya.



Seperti diketahui saat ini Kementerian PUPR tengah melanjutkan pembangunan Pansela Jawa Timur (Jatim) sepanjang 40,278 km pada tahun 2023.

Pembangunan tersebut meliputi ruas Jalan Prigi - Batas Kabupaten Tulungagung - Klatak – Brumbun di Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Tulungagung sepanjang 18,30 km, ruas Jalan Pantai Sine – Batas Kabupaten Blitar di Kabupaten Tulungagung sepanjang 14,09 km, ruas Jalan Ringinrejo – Batas Kabupaten Malang di Kabupaten Blitar sepanjang 3,95 km, dan ruas Jalan Batas Blitar – Simpang 5 Purwodadi di Kabupeten Malang sepanjang 3,938 km.

Pembangunan Jalan Pansela Jatim diharapkan dapat menjadi jalur wisata wilayah pesisir pantai selatan serta memperlancar konektivitas Pulau Jawa bagian selatan dan mengurangi beban lalu lintas Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)