Berbagi Kiat-kiat Membuat Bisnis Tetap Bertahan di Tengah Perlambatan Ekonomi

Rabu, 05 April 2023 - 20:21 WIB
loading...
Berbagi Kiat-kiat Membuat Bisnis Tetap Bertahan di Tengah Perlambatan Ekonomi
Lama berkecimpung sebagai business development representatives (BDR), Dikri Ayatullah membagikan, kiat-kiat agar bisnis tetap bertahan di tengah perlambatan ekonomi dan persaingan yang ketat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Belakangan ini, banyak perusahaan rintisan ( startup ) yang berguguran. Hal tersebut pun memberikan efek domino, salah satunya menyebabkan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal.



Sebagai seorang yang telah lama berkecimpung sebagai business development representatives (BDR), Dikri Ayatullah membagikan kiat-kiat bisnis tetap bertahan di tengah perlambatan ekonomi dan persaingan yang ketat.

“Sebagai BDR, tentunya saya bertugas untuk mengembangkan perusahaan dan membangun relasi jangka panjang,” ujar Dikri Ayatullah dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo , Rabu (5/4/2023).



Menurutnya, salah satu hal yang harus terus dikembangkan oleh pebisnis atau pelaku usaha adalah inovasi. Bisnis yang berkembang adalah mereka yang mengikuti perkembangan zaman dan bersikap adaptif di tengah-tengah transformasi teknologi.

Dikri mengatakan, pebisnis harus mampu menggunakan teknologi sebagai salah satu instrumen untuk meningkatkan nilai jual dan daya saing bisnisnya. Ia pun mencontohkan metode live shopping yang sekarang disediakan oleh e-commerce untuk memudahkan dan meningkatkan penjualan dari mitranya.

“Jadi mereka tetap relevan. Mitra pun diuntungkan dari fitur yang terus berkembang. Ini yang membuat mereka bertahan, karena otomatis mitra bisa meningkatkan penjualan,” imbuhnya.

Selain itu, berbagai kampanye yang berdampak dibutuhkan untuk memperkenalkan bisnis kepada masyarakat. Setelah itu, evaluasi merupakan salah satu hal yang harus selalu dilakukan untuk melihat aspek-aspek yang bisa dikembangkan dari bisnisnya di masa depan.

“Apalagi kalau bisnisnya tidak profit, harus dicari tau dan harus cari inovasi untuk mengembangkannya,” pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)