Susi Ajak Thailand Perangi Penangkapan Ikan Ilegal

Jum'at, 04 Desember 2015 - 12:49 WIB
Susi Ajak Thailand Perangi Penangkapan Ikan Ilegal
Susi Ajak Thailand Perangi Penangkapan Ikan Ilegal
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merangkul Thailand untuk sama-sama memerangi penangkapan ikan secara ilegal (illegal unreported and unregulated fishing/IUU fishing).

Hal tersebut dikatakan Susi dalam pertemuannya dengan Menteri Pertanian dan Koperasi Thailand Chatchai Sarikulya. Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai persoalan IUU fishing, di mana Thailand juga sangat maju dan tegas dalam penangkapan ikan ilegal.

"Sebuah apresiasi di mana kita sama-sama bagaimana cara kita perangi IUU fishing, mereka juga melakukan tindakan keras pada pengusaha-pengusaha Thailand yang melakukan IUU fishing," katanya di Kantor Keenterian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Jumat (4/12/2015).

Dia berharap, jika kedua negara ini bekerja sama maka tidak akan ada lagi yang melakukan IUU fishing di perairan Indonesia. "Saya pikir kalau dua negara ini kerja sama saya harap tidak ada lagi yang melakukan IUU fishing di perairan kita," tegasnya.

Sementara, Chatchai Sarikulya mengungkapkan, pemerintahan Thailand sangat terbuka untuk bekerja sama dan melakukan investigasi bersama dengan pemerintah Indonesia untuk IUU fishing.

"Pemerintah di kementerian kita dengan terbuka membuka kerja sama dan investigasi dengan pemerintah Indonesia, dalam pengendalian aktivitas penangkapan ikan lokal tak resmi," tutur dia.

Sarikulya juga menegaskan komitmennya memberantas penangkapan ikan secara ilegal. "Kita sekarang sudah berkolaborasi lebih dekat kerja sama dengan serius untuk mengatasi problem (IUU fishing) untuk (kepentingan) kita semua dan dengan cepat sebisa kita," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9897 seconds (0.1#10.140)