alexa snippet

Lulus Kuliah, Sukses Bangun Usaha Kuliner Omzet Rp100 Juta/Bulan

Lulus Kuliah, Sukses Bangun Usaha Kuliner Omzet Rp100 Juta/Bulan
Adam Amrullah, pemuda asal Kota Yogyakarta, sukses membangun usaha kuliner ice cream sejak lulus kuliah dengan omzet Rp90-Rp100 juta per bulan. Foto: Danang Prabowo
A+ A-
BISNIS kuliner yang berkembang pesat di Tanah Air membuka peluang usaha menjanjikan bagi siapapun yang ingin berwirausaha. Tak terkecuali mereka yang baru lulus dari bangku kuliah.

Hal inilah yang dilakukan Adam Amrullah, pemuda asal Kota Yogyakarta. Sejak lulus kuliah Adam sudah mulai merintis usaha. Lulusan Akuntansi UGM 2013 ini membangun usaha kuliner dengan bahan dasar utama kacang merah untuk produknya.

Anak kedua dari tiga bersaudara tersebut mengawali jualan es cream di ajang Sunday Morning (Sunmor) UGM, dengan label Redbean Ice Cream, sebulan setelah lulus dari Kampus Biru UGM Yogyakarta, tepatnya pada Desember 2013.

"Awalnya saya jualan es cream saat masih ramai Sunmor UGM tiap hari minggu. Kala itu cukup banyak yang suka," tutur Adam, Senin (14/12/2015).

Kala itu, es cream produknya diberi nama Green Tea Patbinsu. Nama Patbingsu saat itu cukup familier di kalangan anak muda, pelajar, dan mahasiswa. Bahan dari kacang merah yang diramu dengan aneka bahan lain, seperti aneka buah, susu, dan keripik jagung cukup memanjakan lidah.

Seiring berjalannya waktu, pria yang masih lajang itu melihat peluang kompetisi bisnis yang digelar PT Nissan Motor Indonesia, Datsun Rising Challenge. Adam pun berhasil menyisihkan ribuan peserta lain.

"Awalnya hanya modal nekat, buka bisnis kecil-kecilan. Saat ikuti kompetisi, saya masuk finalis. Diajari bagaimana membangun bisnis. Ibarat renang, langsung cebur air. Dari situ diajari supaya bisa mengambang, tidak tenggelam," jelasnya.

Dari kompetisi tersebut, Adam bersama empat finalis lainnya, masing-masing mendapat hadiah uang modal sebesar Rp50 juta plus satu unit mobil Datsub GO+.

Dari modal yang didapat dia melebarkan sayap usahanya. "Sekarang ada dua tempat, dan produk kami tetap bahan dasarnya kacang merah, tak hanya minuman, seperti aneka es cream, tapi juga makanan," imbuhnya.

Kedua tempat itu berada di Jalan Gambir 142a, Karanggayam (Deresan), Depok, Sleman, dan Jalan Monjali 106a, Mlati, Sleman. Sedikitnya ada 20 karyawan paruh waktu, karena semuanya dari kalangan mahasiswa.

Kedua tempat itu diberi nama Minke Desserts Bar, yang buka dari pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Menu yang disajikan merupakan kolaborasi beragam makanan yang diciptakannya sendiri. "Kalau omzet sebulan dari dua tempat itu sekitar Rp90-100 juta," ujar Adam, yang di unit usahanya memikul jabatan sebagai Director of Awesome Minke Desserts Bar.

Adam mengklaim semua produknya berkualitas, sehat, dan dijamin memanjakan lidah. Aneka ice cream yang ditawarkan, antara lain es cream Green Tea Patbingsu, Mango Shaved Ice, Apple Puff, Matcha Crepes.

Adapun untuk bahan dasar diperolah dari pasar-pasar tradisional di Yogyakarta. "Ke depan saya ingin buka franchise, cukup Rp50 juta," ujarnya.
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top