Baru 18 Tahun Punya Harta Rp51,8 Triliun, Ini 15 Miliarder Muda Terkaya di Dunia

Selasa, 11 April 2023 - 11:08 WIB
loading...
Baru 18 Tahun Punya Harta Rp51,8 Triliun, Ini 15 Miliarder Muda Terkaya di Dunia
Para miliarder muda ini, termasuk beberapa remaja yang punya harta berlimpah atau menjadi kaya dengan cepat. Usia tua bukanlah persyaratan untuk bisa mengumpulkan kekayaan dalam jumlah besar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Para miliarder muda ini, termasuk beberapa remaja yang punya harta berlimpah atau menjadi kaya dengan cepat. Usia tua bukanlah persyaratan untuk bisa mengumpulkan kekayaan dalam jumlah besar. Ada 15 orang di seluruh dunia yang memiliki kekayaan miliaran dolar, walaupun belum berusia 30 tahun atau bahkan jauh lebih muda.



Bila melihat rata-rata usia miliarder menurut peringkat terbaru Forbes tentang orang terkaya di planet ini untuk tahun 2023 yakni berusia 65 tahun. Dimana yang tertua adalah taipan asuransi George Joseph, yang berusia 101 tahun.

Tetapi ada juga kelompok yang paling beruntung, dimana belum genap berusia 20 tahun tetapi sudah masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia. Contohnya adalah Clemente Del Vecchio dan Kim Jung-youn, yang keduanya belum mencapai usia 20-an.



Kedua remaja tersebut mendapatkan warisan dari sang ayah yang merupakan pengusaha sukses, Leonardo Del Vecchio dan Kim Jung-ju. Saat meninggal dunia pada tahun 2022, ayah mereka meninggalkan saham di perusahaan masing-masing.

Del Vecchio, yang berusia 19 tahun pada bulan Mei, mendapatkan kekayaannya dari saham induk perusahaan ayahnya Delfin, yang memiliki saham di raksasa pembuat kacamata Luxottica (dikenal dengan merek seperti Ray-Ban dan Sunglass Hut).

Tidak banyak yang diketahui tentang pewaris muda dengan enam saudara kandungnya tersebut (dua di antaranya juga berusia di bawah 30 tahun) dan ibu tiri mereka juga melakukan debutnya. Bahkan lebih sedikit yang diketahui tentang Kim, yang kekayaannya bersumber dari raksasa game online Jepang-Korea Selatan, Nexon.

Dia dan saudara perempuannya Jung-min diyakini masing-masing berusia 19 dan 21 tahun menjadi pewaris. Namun seorang perwakilan dari perusahaan menolak berkomentar tentang usia mereka, dan Forbes tidak dapat menemukan sumber utama yang mengkonfirmasi tanggal lahir mereka.

Sementara itu miliarder berusia 30 tahun yang masuk dalam daftar orang terkaya sejauh ini adalah pewaris Red Bull, Mark Mateschitz, dimana ayahnya Dietrich meninggal pada Oktober 2022. Dengan perkiraan kekayaan USD34,7 miliar, dia bernilai hampir sepuluh kali lebih banyak daripada miliarder muda terkaya berikutnya, Clemente Del Vecchio dan dua saudara kandungnya.

Mateschitz adalah yang terkaya dari semua 150 pendatang baru dalam daftar miliarder tahun 2023. Secara keseluruhan, 11 dari 15 orang ini mewarisi kekayaan mereka.

Hanya ada empat orang yang merupakan pengusaha mandiri. Termasuk Ben Francis, yang mendirikan produsen pakaian aktif Gymshark pada tahun 2012, ketika dia berusia 19 tahun, dan Palmer Luckey yang menjual startup pertamanya ke Facebook dan kembali dengan bisnis teknologi pertahanan yang sukses. Keduanya merupakan anggota baru dari jajaran miliarder terkaya tahun ini.

Dari total 15 nama, terjadi banyak perubahan berkat sembilan pendatang baru dan delapan orang yang keluar dari jajaran miliarder. Di antaranya termasuk pendiri Brex Henrique Dubugras dan Pedro Franceschi, dan pendiri DoorDash Stanley Tang dan Andy Fang.

Sebagai sebuah kelompok, 15 anak muda ini bernilai total USD64 miliar yang jika dirupiahkan mencapai Rp948,7 triliun (Kurs Rp14.824 per USD) atau meningkat USD10 miliar lebih banyak dari tahun 2022, sebagian besar berkat warisan besar yang diterima Mateschitz. Namun mengumpulkan begitu banyak uang di usia muda tetap merupakan prestasi langka.

Bersama-sama, kelompok eksklusif ini hanya mewakili 0,6% dari 2.640 miliarder dunia. Berikut daftar 15 orang terkaya termuda berusia 30 tahun ke bawah di tahun 2023 dari yang tertua hingga paling muda:

1. Ben Francis

Umur: 30 Tahun
Kewarganegaraan: Inggris
Sumber Kekayaan: Gymshark
Kekayaan Bersih: USD1.2 Miliar

Francis mendirikan perusahaan pembuat pakaian olahraga, Gymshark pada tahun 2012 di usia 19 tahun. Dia menjahit potongan-potongan kain pertamanya di garasi orang tuanya di Birmingham, Inggris dan memasarkan secara gerilyawan ke tempat latihan, membuat influencer angkat besi mempromosikan brand miliknya.

Gymshark menghasilkan lebih dari USD500 juta dalam penjualan untuk tahun 2021. Francis menjual 21% bisnisnya ke perusahaan ekuitas swasta General Atlantic pada tahun 2020 seharga USD300 juta, tetapi masih memiliki 70%.

Langkah terbarunya adalah membuka toko fisik: Gymshark Londona pada tahun 2022 dan menawarkan kelas latihan dan brand pakaian tersebut.

2. Palmer Luckey

Umur: 30 Tahun
Kewarganegaraan: AS (Amerika Serikat)
Sumber Kekayaan: Realitas virtual, kontrak pertahanan
Kekayaan Bersih: USD1.7 Miliar

Ia mendirikan pembuat headset VR Oculus dan menjualnya ke Facebook seharga USD2 miliar pada tahun 2014, untuk kemudian mulai membuat senjata. Startup teknologi pertahanannya Anduril, memiliki sistem di Ukraina.

Mereka menargetkan membuat drone dan produk pengawasan untuk Departemen Pertahanan, mengumpulkan USD1,5 miliar dengan valuasi USD8,5 miliar pada bulan Desember.

3. Mark Mateschitz

Umur: 30 Tahun
Kewarganegaraan: Austria
Sumber Kekayaan: Red Bull
Kekayaan Bersih: USD34.7 Miliar setara Rp514,3 triliun

Dia mewarisi 49% dari produsen raksasa minuman energi Red Bull setelah ayahnya, salah satu pendiri Dietrich Mateschitz, meninggal pada bulan Oktober. Segera setelah itu, ia mengundurkan diri dari perannya sebagai kepala organik untuk "berkonsentrasi pada perannya sebagai pemegang saham."

4. Michal Strnad

Umur: 30 Tahun
Kewarganegaraan: Republik Ceko
Sumber Kekayaan: Senjata
Kekayaan Bersih: USD2 Miliar

Czechoslovak Group miliknya adalah salah satu pemasok amunisi, peralatan darat, dan peralatan artileri terbesar untuk tentara Ukraina, yang telah membantu menggandakan penjualan menjadi 620 juta dolar AS pada paruh pertama tahun 2022. Dia mengambil kendali penuh atas bisnis, yang didirikan oleh ayahnya pada tahun 2018.

5. Gustav Magnar Witzoe

Umur: 29 Tahun
Kewarganegaraan: Norwegia
Sumber Kekayaan: Budidaya Ikan
Kekayaan Bersih: USD2.7 Miliar

Dia memiliki hampir setengah dari perusahaan budidaya salmon, SalMar ASA yang diwarisi dari ayahnya Gustav Witzoe, tetapi tidak memiliki peran dalam operasional. Sebaliknya, dia berperan sebagai investor startup real estat dan teknologi.

6. Ryan Breslow

Umur: 28 Tahun
Kewarganegaraan: AS
Sumber Kekayaan: E-commerce
Kekayaan Bersih: USD1.1 Miliar

Lulusan Stanford ini mendirikan tiga startup dalam empat tahun secara terpisah. Bolt yang membuat namanya menjadi meroket serta Eco and Love, usahanya di tahun 2022. Startup ini bertujuan untuk menghapus perantara dalam pemrosesan pembayaran, keuangan pribadi dan obat-obatan untuk masing-masing.

7. Leonardo Maria Del Vecchio

Umur: 27 Tahun
Kewarganegaraan: Italia
Sumber Kekayaan: Luxottica
Kekayaan Bersih: USD3.5 Miliar

Produsen kacamata, Leonardo Del Vecchio adalah orang terkaya kedua di Italia ketika dia meninggal pada Juni 2022, meninggalkan 12,5% kekayaannya -sebagian besar saham Essilor-Luxottica, perusahaan kacamata terbesar di dunia- kepada jandanya Nicoletta Zampillo, dengan enam anak dan satu anak tiri. Leonardo Maria adalah anak tunggal ayahnya dengan Zampillo dan menjadi kepala strategi untuk Luxottica.

8. Katharina Andresen

Umur: 27 Tahun
Kewarganegaraan: Norwegia
Sumber Kekayaan: Investasi
Kekayaan Bersih: USD1.5 Miliar

Bersama dengan adik perempuannya Alexandra, Katharina adalah pemilik generasi keenam Ferd, perusahaan investasi lebih dari USD4 miliar (ekuitas) yang dijalankan ayah mereka, Johan. Katharina sendiri merupakan petugas keberlanjutan di sebuah perusahaan konstruksi yang berbasis di Oslo.

9. Wang Zelong

Umur: 26 Tahun
Kewarganegaraan: China
Sumber Kekayaan: Produksi pigmen
Kekayaan Bersih: USD1.4 Miliar

Kekayaan Wang berasal dari saham di perusahaan perdagangan yang terdaftar di Shenzhen, CNNC Hua Yuan Titanium Dioxide — bahan kimia yang digunakan untuk membuat pigmen putih untuk hal-hal seperti cat dan kertas.

10. Alexandra Andresen

Umur: 26 Tahun
Kewarganegaraan: Norwegia
Sumber Kekayaan: Investasi
Kekayaan Bersih: USD1.5 Miliar

Alexandra dan saudara perempuannya Katharina masing-masing memiliki 42% saham di perusahaan investasi Ferd. Alih-alih memegang kendali di Ferd, dia memegang kendali yang sebenarnya: Alexandra adalah juara junior Norwegia tiga kali dalam berkuda dan memimpin fasilitas peternakan dan pelatihan kuda.

11. Luca Del Vecchio

Umur: 21 Tahun
Kewarganegaraan: Italia
Sumber Kekayaan: Luxottica
Kekayaan Bersih: USD3.5 Miliar

Salah satu dari dua anak antara Leonardo Del Vecchio dan Sabrina Grossi, mantan anggota dewan Luxottica dan mantan kepala hubungan investor perusahaan, Luca tidak diketahui apakah memiliki peran di perusahaan kacamata.

12. Kim Jung-min

Umur: 21 Tahun
Kewarganegaraan: Korea Selatan
Sumber Kekayaan: Game online
Kekayaan Bersih: USD1.7 Miliar

Bersama dengan adik perempuannya Kim Jung-youn, Jung-min mewarisi sekitar sepertiga dari aset keluarga mereka —termasuk masing-masing 15% saham di pembuat game Nexon— setelah ayah mereka Kim Jung-ju meninggal pada Februari 2022.

Jung-ju mendirikan Nexon, yang dikenal dengan game online multipemain masif Kingdom of the Winds dan MapleStory, pada tahun 1994. Forbes tidak mengetahui pastinya usia Kim Jung-min.

13. Kevin David Lehmann

Umur: 20 Tahun
Kewarganegaraan: Jerman
Sumber Kekayaan: Toko Obat
Kekayaan Bersih: USD2.3 Miliar

Dia mewarisi 50% dari ritel toko obat Jerman dm-drogerie markt dari ayahnya pada usia 14 tahun. Itu tetap di bawah perwalian sampai ulang tahunnya yang ke-18, ketika ia menjadi miliarder. Baik Lehmann maupun ayahnya tidak terlibat secara operasional dalam perusahaan senilai USD14 miliar.

14. Kim Jung-min

Umur: 19 Tahun
Kewarganegaraan: Korea Selatan
Sumber Kekayaan: Game online
Kekayaan Bersih: USD1.7 Miliar

Salah satu dari dua miliarder remaja di peringkat tahun ini ada Kim Jung-youn yang mewarisi saham di perusahaan induk almarhum ayahnya, yang pada gilirannya memegang sekitar setengah dari raksasa game online Nexon. Kedua saudara perempuan Kim tetap low profile dan tidak diketahui memiliki peran aktif dalam perusahaan. Forbes juga tidak tahu usia Kim Jung secara pasti.

15. Clemente Del Vecchio

Umur: 18 Tahun
Kewarganegaraan: Italia
Sumber Kekayaan: Luxottica
Kekayaan Bersih: USD3.5 Miliar atau setara Rp51,8 Triliun (Kurs Rp14.824/USD)

Dunia mendapat miliarder remaja baru ketika Leonardo Del Vecchio meninggal pada Juni 2022. Clemente, pewaris Del Vecchio termuda. Sejauh ini belum diketahui perannya di Luxottica, yang terkenal dengan brand Sunglass Hut, Ray-Ban dan Oakley.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)