Amankan Pasokan BBM Lebaran, Pertamina Fokus 3 Titik Utama

Selasa, 11 April 2023 - 20:42 WIB
loading...
Amankan Pasokan BBM Lebaran, Pertamina Fokus 3 Titik Utama
Pertamina akan fokus pada sejumlah titik utama untuk mengamankan pasokan BBM Lebaran. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) akan fokus pada sejumlah titik wilayah untuk mengamankan pasokan bahan bakar minyak (BBM) Lebaran. Sejumlah titik utama tersebut, antara lain kawasan wisata, jalur utama, dan daerah rawan bencana.

"Terutama tempat wisata, karena masyarakat kita menggunakan libur lebaran ini untuk berwisata," ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI, Selasa (11/4/2023).



Dia mengatakan suplai BBM di kawasan wisata di Indonesia menjadi perhatian lantaran jumlah wisatawan lokal diperkirakan mengalami kenaikan saat libur lebaran. Pertamina pun menyiapkan pasokan BBM di 11 wilayah yang menjadi pusat wisata di Tanah Air.

Untuk jalur utama, lanjut Nicke, selain digunakan masyarakat sebagai rute mudik, lokasi ini juga menjadi jalur logistik ke sejumlah daerah. Sehingga, pengamanan BBM di kawasan ini harus dilakukan.

Jalur utama terdiri dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), Jalan Tol Trans Jawa, serta jalur alternatif dan fungsional yang dioperasikan pemerintah saat mudik tahun ini. "Jalur mudik utama, yang merupakan jalur logistik, jadi sebelum nanti libur lebaran, jalur ini padat sekali untuk logistik selama bulan Ramadhan," kata dia.



Terkait daerah rawan bencana, Pertamina menyiapkan tiga skema untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan tertentu. Skema tersebut terdiri dari suplai BBM berdasarkan reguler atau kondisi normal, skema alternatif, dan skema emergency. Dua skema terakhir akan dilakukan dengan catatan sudah terjadi bencana alam.

"Ketika terjadi bencana menggunakan skema alternatif dan skema emergency. Jadi ada 3 lapis skema yang kami siapkan untuk keseluruhan wilayah," ucapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0955 seconds (0.1#10.140)