Polbangtan Kementan Gandeng Paskomnas Dukung Petani Milenial Akses Pasar

Rabu, 12 April 2023 - 23:37 WIB
loading...
Polbangtan Kementan Gandeng Paskomnas Dukung Petani Milenial Akses Pasar
Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana (dua kanan) saat rapat koordinasi dengan stakeholders, Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) di Malang, Jawa Timur.
A A A
JAKARTA - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang Kementerian Pertanian (Kementan) selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) dari Program YESS Jawa Timur mendampingi petani milenial melakukan rapat koordinasi dengan stakeholders, Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) di Malang, Jawa Timur (Jatim), belum lama ini.

Kunjungan dan rapat koordinasi tersebut bertujuan menjembatani serta memfasilitasi petani milenial dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait peluang pasar yang menjanjikan di sektor pertanian. Kegiatan tersebut dalam upaya menumbuhkan wirausaha muda pertanian.

Upaya PPIU Program YESS Jawa Timur sejalan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk mengajak masyarakat, utamanya generasi milenial agar tidak ragu menjadi petani maupun wirausahawan muda pertanian melalui Youth Entrepreneurship and Employment Support Services Programme disingkat Program YESS.

(Baca juga:Polbangtan Kementan Panen Pedet Sapi Ongol)

“Selama ini pertanian identik miskin dan kotor. Padahal tidak seperti itu. Petani justru memiliki jaminan pendapatan yang konkrit dan berkelanjutan,” kata Mentan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/4/2023).

Senada dengan Mentan Syahrul, pada kesempatan terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyampaikan bahwa pembangunan pertanian ke depan berada di genggaman anak muda.

“Generasi milenial harus berkemampuan dan berjiwa entrepreneurship yang tinggi, maka pertanian ada di genggaman tangan kita. Kalau kalian memble apa kabar nasib pertanian kita ke depan? Kalau kalian tidak bersungguh-sungguh, kalian abal-abal maka hasil pertanian kita juga akan abal-abal,” kata Dedi Nursyamsi.

Koordinasi PPIU YESS Jatim dengan OPD dan Paskomnas dipimpin oleh Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana didampingi Project Manager PPIU YESS Jatim, Acep Hariri. Hadir sejumlah petani milenial Direktur Paskomnas Hartono Wignjopranoto; Asisten Deputi II Bidang Pengembangan Agribisnis dan Hortikultura dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

(Baca juga:Polbangtan Bangun Ekosistem Kewirausahaan Petani Milenial Tulungagung)

Turut hadir OPD dari wilayah Program YESS Jatim yakni Kabupaten Pasuruan, Malang, Tulungagung dan Pacitan; Kepala Kamar Dagang dan Industri (Kadin); Tim Manajemen PPIU Jawa Timur dan Direktur Pengembangan Agribisnis, Soekam Parwadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)