Dikucilkan Negara Barat, Rusia Mulai Ekspor Bahan Bakar ke Iran

Kamis, 13 April 2023 - 06:41 WIB
loading...
A A A
Iran sendiri merupakan produsen minyak dan memiliki kilang sendiri, tetapi baru-baru ini konsumsinya telah melebihi produksi bahan bakar domestik, terutama di provinsi utara, kata seorang pedagang di pasar produk minyak Asia Tengah.

Rusia telah memasok bahan bakar dengan jumlah relatif kecil kee Iran dengan kapal tanker melalui Laut Kaspia, seperti halnya pada 2018, kata dua pedagang yang mengetahui masalah tersebut.

Perusahaan minyak Rusia saat ini tertarik untuk mengekspor solar dan bensin ke Iran dengan kereta api karena ekspor melalui laut menghadapi tarif pengiriman yang tinggi dan pembatasan harga yang diberlakukan oleh negara-negara G7.

Namun ekspor dengan kereta api juga bukan tanpa kendala, lantaran menghadapi kemacetan di sepanjang rute, kata sumber tersebut.

"Kami memperkirakan pasokan bahan bakar ke Iran akan meningkat tahun ini, tetapi kami sudah melihat beberapa masalah dengan logistik karena kemacetan kereta api. Itu mungkin membuat ekspor tidak booming," kata salah satu sumber yang akrab dengan pasokan ke Iran.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)