Indonesia Harus Jadi Pusat Halal Dunia, Wapres: Jangan Kalah Sama China, Korea, dan Thailand

Jum'at, 14 April 2023 - 10:28 WIB
loading...
Indonesia Harus Jadi Pusat Halal Dunia, Wapres: Jangan Kalah Sama China, Korea, dan Thailand
Wapres Maruf Amin optimistis Indonesia bisa jadi pusat halal dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin optimistis Indonesia bisa menjadi pusat halal dunia pada 2024 mendatang. Indonesia tidak boleh kalah dari China, Inggris, Thailand, bahkan Korea Selatan (Korsel) untuk menjadi pusat halal dunia .



Apalagi, kata Wapres, saat ini negara-negara yang jumlah penduduk muslimnya sedikit, menjadikan ekonomi dan keuangan syariah sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru. Makanya, Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar tidak boleh kalah dengan negara yang jumlah penduduk muslimnya sedikit.

“Tiongkok telah berhasil menjadi eksportir baju muslim tertinggi ke Timur Tengah. Ibu kota Inggris juga menjadi pusat keuangan syariah di barat. Thailand telah mencanangkan visi menjadi dapur halal dunia dan Korea juga ingin merebut pasar pariwisata ramah muslim,” kata Wapres di acara silaturahmi Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) dan Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Jumat (14/4/2023).

“Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, sudah sewajarnya jika kita bercita-cita menjadi pusat produsen halal dunia pada tahun 2024,” tambahnya.

Lebih lanjut, Wapres mengatakan ada beberapa kesalahpahaman di beberapa tempat tentang pariwisata muslim untuk pariwisata halal, pariwisata syariah, sepertinya kian dimaknai bahwa wisatanya akan dihalalkan, akan disyariatkan sehingga banyak misalnya daerah menolak.

“Padahal yang dimaksud dengan pariwisata ramah muslim adalah layanannya di situ ada restoran halal, di situ ada tempat ibadah, dan ada hal-hal yang bisa mendukung sehingga wisatawan muslim merasa nyaman di tempat itu,” kata Wapres.

Wapres pun menceritakan pengalamannya ketika ke Beijing dan mengunjungi salah satu restoran yang ternyata ada tempat salatnya. Kemudian, dia juga menceritakan pernah ke Korea Selatan yang ternyata juga ramah muslim.

“Saya pernah ke Korea Selatan makan di sana juga ada tempat namanya Naminara Island, tempat wisata seluruh dunia ada tempat salat, ada restoran halal, ada makanan dan minuman yang halal,” katanya.



“Seperti tadi saya katakan, dunia sekarang sedang berlomba ingin menjadi pusat halal dunia dari negara-negara, padahal mereka adalah negara yang minoritas muslimnya,” tandasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)