5 Fakta Menarik Tol Cisumdawu: Belum Pakai Modal Uang Bank hingga Siap Mendukung Mudik Lebaran 2023

Senin, 17 April 2023 - 17:27 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Tol Cisumdawu: Belum Pakai Modal Uang Bank hingga Siap Mendukung Mudik Lebaran 2023
Tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan) di Jawa Barat akan turut mendukung arus mudik Lebaran 2023. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan) di Jawa Barat akan turut mendukung arus mudik Lebaran 2023 . Meski belum beroperasi secara keseluruhan, namun tetap saja bisa berkontribusi untuk memperlancar arus kendaraan mudik.

Melihat riwayatnya, tol Cisumdawu memiliki sejarah panjang dalam pembentukannya. Sempat terhambat oleh banyak masalah yang menimpa, pada akhirnya jalan tol tersebut telah bisa beroperasi untuk saat ini.

Di samping itu, terdapat beberapa fakta menarik dari tol Cisumdawu. Tak hanya dari proses pengerjaannya, namun juga terkait hal lain seperti keindahan visual yang dimiliki. Berikut di antaranya.


Fakta Menarik Tol Cisumdawu

1. Belum Pernah Pakai Uang Negara

Jusuf Hamka selaku Direktur PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sebelumnya menyampaikan bahwa pendanaan proyek jalan tol Cisumdawu belum pernah menggunakan uang negara atau pinjaman bank.

Hal ini disampaikan melalui salah satu unggahan di akun Instagram @jusufhamka beberapa waktu lalu.

"Kepada Bapak Muhajir, Bapak Basuki dan Budi Karya, kami jelaskan bahwa saat ini perusahaan kami/PT CKJT belum menggunakan uang Bank. Walaupun kami sudah mendapatkan fasilitas kredit pada tanggal 28 Desember 2022 dari BSI dan PT SMI sejumlah Rp5,5 triliun. Alhamdulillah sampai saat ini tanggal 11 April 2023, kredit tersebut belum kami gunakan serupiahpun," tulisnya dalam unggahan Instagram, dikutip Senin (17/4/2023).

Meski demikian, Jusuf Hamka juga menyebut bahwa nantinya apabila Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 sudah selesai secara keseluruhan, barulah fasilitasnya akan menggunakan dana yang sudah dipersiapkan tersebut.

2. Salah Satu Tol Terindah di Tanah Air

Salah satu hal menarik dari tol Cisumdawu terletak pada tampilannya. Dalam hal ini, tol tersebut menyuguhkan pemandangan yang indah dengan dominasi pegunungan di sekitarnya.

Tak heran apabila cukup banyak anggapan bahwa Cisumdawu ini masuk jajaran jalan tol paling indah di Indonesia. Pemandangan yang tersaji memang benar-benar bisa membuat takjub orang yang melewatinya.

3. Memiliki Terowongan Kembar

Selain pemandangan dari pegunungan di sekitarnya, tol Cisumdawu juga memiliki terowongan kembar dengan panjang sekitar 472 meter dan diameter 14 meter.

Terowongan tersebut berada di seksi II ruas Rancakalong - Sumedang. Tepatnya desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.


4. Siap Mendukung Arus Mudik Lebaran 2023

Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 dari Cimalaka hingga Dawuan akan beroperasi secara fungsional pada mudik Lebaran 2023. Mengutip laman Kemenhub RI, nantinya tol ini ini dioperasikan sejak siang hingga sore sekitar pukul 15.00 WIB.

Lebih lanjut, alasan pengoperasian secara fungsional ini karena mempertimbangkan aspek keselamatan para pemudik. Kakorlantas Polri Firman Santyabudi mengungkap bahwa pengoperasian tol Cisumdawu secara penuh di lebaran tahun ini tidak cukup memungkinkan.

Sekadar informasi, selain seksi 4, 5, dan 6, sebelumnya jalur seksi 1, 2, dan 3 dari Cileunyi - Jatinangor - Sumedang - Cimalaka telah diselesaikan dan mendukung arus kendaraan saat libur Nataru 2022/2023 lalu.

5. Diperkirakan Rampung dan Beroperasi Penuh Akhir Mei 2023

Pasca dibuka secara fungsional untuk mendukung arus Lebaran 2023, tol Cisumdawu diperkirakan akan rampung bulan Mei mendatang. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan setidaknya pengerjaan bisa selesai pada akhir Mei nanti.

“Akhir Mei 2023 paling lambat semua ruas operasional di Cisumdawu, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," ujarnya seperti dikutip, Senin (17/4/2023).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)