Ribuan Pedagang Pulkam Bersama Tim Mudik iNews, Kemenhub: Terima Kasih Bantu Pemerintah

Selasa, 18 April 2023 - 11:38 WIB
loading...
Ribuan Pedagang Pulkam Bersama Tim Mudik iNews, Kemenhub: Terima Kasih Bantu Pemerintah
Kemenhub mengatakan, penyelenggaraan mudik gratis merupakan sebuah langkah dalam menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ), Hendro Sugiatno mengatakan, penyelenggaraan mudik gratis merupakan sebuah langkah dalam menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya.Sebab menurut Hendro dengan adanya penyelenggaraan mudik gratis ini, maka akan bisa membantu menekan keinginan masyarakat untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi terutama sepeda motor.



"Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas terselenggaranya mudik gratis MNC Group dan Sasa ini, sangat membantu pemerintah mengurangi pergerakan lalulintas menggunakan kendaraan pribadi," ujar Hendro dalam sambutannya dalam seremonial pelepasan mudik grade bersama MNC Group di JIExpo Kemayoran, Selasa (18/4/2023).



Hendro mengungkapkan, sepeda motor sebetulnya tidak direkomendasi sebagai moda transportasi untuk para pemudik. Sebab memiliki tingkat risiko kecelakaan yang cukup tinggi. Peningkatan jumlah kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia dikhawatirkan menjadi membuat peningkatan yang signifikan terhadap jumlah pemudik yang menggunakan motor.

Berdasarkan data yang diterbitkan Polri pada tahun 2022, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia jumlahnya 126,99 juta unit atau 83,27% dari total kendaraan yang ada di Indonesia.

"Karena kecelakaan yang paling tinggi adalah sepeda motor, dan sepeda motor ini paling banyak digunakan oleh pemudik, mudik gratis ini salah satu upaya untuk mengurangi angka kecelakaan," sambung Hendro.

Sekedar informasi tambahan, pada musim mudik lebaran tahun 2023 ini MNC Group bersama PT Sasa Inti (Sasa) menyelenggarakan mudik gratis yang diikuti oleh masyarakat. Mayoritas peserta mudik adalah para pedagang.

Mudik gratis tersebut memiliki kapasitas 4.000 - 5.000 penumpang dengan total armada 80 bus. Bukan hanya memberangkatkan dari JIExpo Kemayoran, namun ada beberapa titik keberangkatan lainnya.

Peserta mudik terdiri dari masyarakat umum, karyawan pabrik di Cikarang, Gending, yang utamanya untuk para buruh. Bahkan 90% peserta pemudik itu kurang adalah pedagang Sasa.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2115 seconds (0.1#10.140)