Terungkap, Vaksin Covid-19 Sedang Diuji Klinis Bio Farma

Senin, 20 Juli 2020 - 23:20 WIB
loading...
Terungkap, Vaksin Covid-19 Sedang Diuji Klinis Bio Farma
Terungkap bahwa vaksin Covid-19 sudah tiba ke Indonesia pada akhir pekan kemarin, dimana Vaksin corona dari Sinovac tersebut siap memasuki uji klinis tahap tiga. Hl ini diungkapkan oleh Stafsus Menteri BUMN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Beredar kabar baik bahwa vaksin Covid-19 sudah tiba ke Indonesia pada akhir pekan kemarin. Vaksin corona dari Sinovac tersebut siap memasuki uji klinis tahap tiga.

(Baca Juga: Vaksin Corona Asal China Tiba, Dirut Indofarma: Harganya Pasti terjangkau )

Staf Khusus (Stafsus) Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga, membenarkan kabar baik tersebut. Ia mengatakan saat ini PT Bio Farma sedang melakukan uji klinis.

“Iya, memang vaksin Sinovac sudah sampai di Indonesia, sekarang dalam proses uji klinis tahap tiga di Bio Farma,” ujar Arya melalui siaran pers di Jakarta, Senin (20/7/2020).

Setelah uji klinis tahap tiga, kata Arya, perusahaan farmasi plat merah tersebut akan memproduksi vaksin untuk kebutuhan dalam negeri. Ia menambahkan, Bio Farma memang diberi kepercayaan untuk melakukan uji klinis vaksin Sinovac oleh lembaga farmasi internasional. Dari uji coba akan dilihat apakah vaksin tersebut cocok dengan virus Corona yang saat ini beredar di Indonesia.

"Jadi Bio Farma memang posisinya di kalangan internasional dan dunia vaksin memang terkenal dan dianggap mampu melakukan pembuatan dan uji klinis. Jangan heran kalau Bio Farma memang dipercaya beberapa negara untuk diikutsertakan,” ujarnya.

(Baca Juga: Kemlu Benarkan Kabar Vaksin Corona Tiba di Indonesia )

Arya mengatakan, vaksin sinovac agak berbeda dengan yang lain. Artinya, bentuknya sedikit melebar dan bisa digunakan untuk beberapa jenis virus Corona.

Sebelumnya, beredar kabar jika vaksin Sinovac akan diuji coba oleh Bio Farma yang bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes). Mereka inilah yang akan mempersiapkan uji klinis tahap tiga tersebut.

Bio Farma juga pasti akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Menkes Terawan Agus Putranto sebelumnya menyebut, vaksin dari Sinovac ini akan mendapat izin edar di Indonesia awal 2021.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)