Ribut Pemudik Tak Bisa Naik Kapal Penyeberangan, Bos ASDP: Dia Harusnya Datang Tanggal 19 April

Selasa, 18 April 2023 - 22:03 WIB
loading...
Ribut Pemudik Tak Bisa Naik Kapal Penyeberangan, Bos ASDP: Dia Harusnya Datang Tanggal 19 April
Dirut ASDP Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi (berdiri) beri penjelasan soal keributan penumpang tak bisa naik kapal penyeberangan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) buka suara perihal adanya insiden pemudik naik pitam di Pelabuhan Merak , tepatnya di dermaga eksekutif, Cilegon, Banten, lantaran tiketnya tiba-tiba hangus. Peristiwa itu terjadi pada Selasa dini hari (18/4/2023).



Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan, keributan tersebut sebenarnya lantaran pemudik itu datang tidak sesuai dengan jadwal keberangkatan kapal.

"Gini, yang terjadi adalah pengguna jasa yang punya tiket itu, dia harusnya datang tanggal 19 April, tapi tanggal 18 sudah datang. Jadi tidak adil untuk masyarakat yang sudah punya tiket pada jam dan tanggal yang sudah seharusnya," kata Ira di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Selasa (18/4/2023).

Saat ini kata Ira, angkutan penyebrangan sudah menyerupai angkutan lainya seperti kereta api dan pesawat. Maka jam keberangkatan harus sesuai dengan tiket yang dipesan.

"Untuk itu yang tadi (pemudik yang ribut), ketika ada slot masih bisa kita berikan kebijakan, tapi itu diskresi," katanya.

Untuk itu, Ira mengingatkan kepada para pemudik untuk bisa mengatur perjalanan dengan sebaik-baiknya. Mulai dari pembelian tiket jauh hari hingga keberangkatan dari rumah ke pelabuhan sehingga arus mudik tahun ini dapat berjalan lancar.

Sementara itu, seorang pemudik yang naik pitam mengatakan bahwa tiketnya hangus tiba-tiba. Kejadian ini pun tidak menyasar pada satu penumpang, tetapi banyak yang mengaku tiketnya tiba-tiba tidak berlaku ketika hendak check-in ke kapal.

Salah satu penumpang, Wardiman Nasution (53), mengaku dirinya pergi bersama rombongan keluarganya menuju Sumatra Utara. Rombongan Wardiman terdiri dari dua mobil yang keduanya memesan tiket dengan selang waktu selisih 19 menit saja.

"Yang satu mobil udah masuk, kuota ada, tapi tiba-tiba kuota kita hilang dan dialihkan ke tanggal 19 (April) di hari esoknya. Jadi kan yang dirugikan siapa?" ujar Wardiman kepada awak media, Selasa (18/4/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)