H-3 Lebaran, Angkutan Udara Membeludak Lebih dari 35 Persen

Rabu, 19 April 2023 - 21:09 WIB
loading...
H-3 Lebaran, Angkutan Udara Membeludak Lebih dari 35 Persen
Bandara Soetta dipenuhi para pemudik. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Lonjakan penumpang terjadi di semua angkutan pada H-3 Lebaran 2023 . Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) mencatat lonjakan angkutan tertinggi di moda transportasi udara yang mencapai lebih 35% dibandingkan hari-hari biasa.



“Dari pantauan kami memang tanggal 19 April ini kenaikannya luar biasa dibandingkan kemarin. Kami belum melihat ini puncak, tapi kalau dilihat dari lonjakannya memang cukup tinggi. Kita pantau tertinggi di angkutan udara, jadi lebih 35% dibandingkan hari biasa,” ungkap Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam program iNews Live sore, Rabu (19/4/2023).

Selain itu, Adita mengatakan lonjakan penumpang juga terlihat pada moda transportasi kereta api. “Kemudian di kereta api, kebetulan di Stasiun Pasar Senen kepadatan juga cukup terlihat. Hari ini termasuk yang paling tinggi,” tambahnya.

Meski begitu, kata Adita, angkutan laut masih terpantau landai dan belum terjadi lonjakan penumpang pada hari pertama cuti bersama ini. “Lalu, untuk angkutan laut masih cukup landai tidak terlalu terjadi lonjakan karena memang angkutan ini tidak sebesar angkutan yang lain”.

Adita pun mengungkapkan angkutan darat yakni bus dan mobil pribadi terus mengalami lonjakan, bahkan telah memadati sejumlah ruas tol dari Jakarta menuju Trans Jawa. “Angkutan darat dan angkutan pribadi yang sudah melalui ruas-ruas tol diidentifikasi terus mengalami kepadatan seperti Jakarta-Cikampek, Cipularang, Cipali.”



“Jadi pantauan kami saat ini memang sudah sangat melonjak tapi secara umum masih bisa ditangani meskipun rekayasa di dalam tol masih terus diupayakan untuk mengurangi kepadatan sehingga tidak menimbulkan kemacetan berkilo-kilo (km),” tandasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)