Hannover Messe 2023 Buka Peluang Perusahaan Indonesia Cari Mitra Jerman

Kamis, 20 April 2023 - 22:30 WIB
loading...
Hannover Messe 2023 Buka Peluang Perusahaan Indonesia Cari Mitra Jerman
Kemenperin mendorong perusahaan Indonesia mencari mitra di ajang Hannover Messe 2023. Foto/Kemenperin
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian memfasilitasi sejumlah pelaku industri untuk ikut berpartisipasi pada pameran tingkat internasional, Hannover Messe 2023 . Upaya ini selain untuk memperkenalkan keunggulan teknologi, juga membuka peluang kerja sama antara perusahaan Indonesia dan J.erman



Salah satu contoh kerja sama yang terjadi adalah joint venture antara industri lokal PT Yogya Presisi Teknikatama dengan perusahaan Jerman Toolcraft AG. Kedua perusahaan akan bekerja sama mengembangkan teknologi Metal Additive Manufacturing untuk memenuhi kebutuhan sektor industri lainnya.

“Diharapkan, melalui kolaborasi ini, industri dalam negeri semakin produktif dan kompetitif,” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier dalam keterangan tertulis, Kamis (20/4/2023).

Teknologi Metal Additive Manufacturing itu meliputi proses Laser Metal Deposition (LMD) dan proses Laser Metal Fusion (LMF). Teknologi ini juga semakin banyak digunakan untuk menunjang industri pembuatan komponen mekanik yang kompleks dan presisi, seperti pada industri otomotif, pesawat, mold and die, serta pembuatan mesin dan alat kesehatan.

Plt. Direktur Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian Kemenperin Yan Sibarang Tandiele menyatakan, pemerintah mendukung adanya kerja sama antara industri lokal dengan industri di Jerman, termasuk yang terkait dengan transfer teknologi yang berbasis pada produk berteknologi tinggi, seperti yang dilakukan oleh PT YPTI dan Toolcraft AG.

Sementara itu, Direktur PT YPTI Petrus Tedja Hapsoro menyampaikan, alih teknologi juga akan dilakukan di bidang robotik dan otomasi melalui joint venture tersebut. PT YPTI telah membuka dan membangun kerja sama dengan Toolcraft AG sejak tahun 1999, khususnya dalam peningkatan kompetensi dan pengembangan teknologi, di mana salah satu faktor utamanya adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM).



“Untuk mendukung kerja sama ini, PT YPTI berkolaborasi dengan Politeknik ATMI Surakarta dalam rangka menyiapkan SDM yang siap dan mampu melalui program internship bagi mahasiswa dan para dosennya, sehingga dapat mengikuti perkembangan terkini yang ada di dunia industri manufaktur,” pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)