Kenapa BUMN Sering Kalah Dengan Swasta?

Rabu, 03 Mei 2023 - 10:53 WIB
loading...
Kenapa BUMN Sering Kalah Dengan Swasta?
Kenapa BUMN sering kalah dengan Swasta? Pertanyaan ini cukup menggambarkan kondisi BUMN saat ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kenapa BUMN Sering Kalah Dengan Swasta ? Pertanyaan ini cukup menggambarkan kondisi BUMN saat ini. Sudah puluhan tahun BUMN dan swasta sama-sama bekerja. Namun, kinerja keuangan BUMN mayoritas kalah dari kinerja keuangan swasta.

Kenapa BUMN Sering Kalah dengan Perusahaan Swasta?

Ada beberapa alasan yang dianggap menjadi penyebab kenapa mayoritas BUMN seringkali kalah dengan perusahaan swasta.



Alasan-alasan itu antara lain:

1. Keterbatasan Inovasi

Perusahaan BUMN seringkali dianggap memiliki keterbatasan dalam hal inovasi, karena terkadang aturan dan prosedur yang ada di dalam perusahaan BUMN terlalu kaku dan berbelit-belit. Ini bisa membuat proses pengambilan keputusan menjadi lambat dan sulit untuk beradaptasi dengan perubahan pasar.

2. Birokrasi yang Berat

Perusahaan BUMN seringkali memiliki birokrasi yang berat dan rumit. Hal ini dapat memperlambat proses pengambilan keputusan dan mempersulit implementasi perubahan-perubahan yang diperlukan dalam bisnis.

3. Kurangnya Insentif

Karena perusahaan BUMN dimiliki oleh pemerintah, para karyawan cenderung memiliki insentif yang kurang kuat untuk bekerja keras dan mencapai tujuan yang ambisius. Dalam banyak kasus, gaji karyawan BUMN juga kurang kompetitif dibandingkan dengan perusahaan swasta.

4. Manajemen yang tidak Efisien

Kadang-kadang, perusahaan BUMN tidak dijalankan dengan cara yang efisien. Terkadang terdapat kelemahan dalam manajemen, termasuk pengangkatan pejabat berdasarkan politik dan koneksi, bukan kualifikasi dan kemampuan.

Namun, walaupun terdapat beberapa tantangan yang dihadapi oleh perusahaan BUMN, mereka juga memiliki keunggulan-keunggulan tertentu, seperti kemampuan untuk memanfaatkan sumber daya negara, memiliki infrastruktur yang kuat dan luas, serta memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan yang lebih besar.



Dengan manajemen yang efektif dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat, perusahaan BUMN masih memiliki potensi untuk bersaing dengan perusahaan swasta.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)