Capek Nunggu Pembayaran Rafaksi, Ritel Modern Nekad Mogok Jualan Minyak Goreng?

Kamis, 04 Mei 2023 - 08:35 WIB
loading...
Capek Nunggu Pembayaran Rafaksi, Ritel Modern Nekad Mogok Jualan Minyak Goreng?
Ritel modern mengancam akan berbuat nekad dengan tidak membeli minyak goreng ke produsen buntut utang rafaksi senilai Rp344 miliar yang belum juga dibayarkan oleh pemerintah. Foto/MPI/Advenia Elisabeth
A A A
JAKARTA - Peritel modern yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengancam akan berbuat nekad dengan tidak membeli minyak goreng ke produsen. Hal ini buntut utang rafaksi senilai Rp344 miliar yang belum juga dibayarkan oleh pemerintah.

"Kapan pengurangan pembelian minyak goreng itu? bisa sewaktu waktu dilakukan. Bisa mendadak juga,” ujar Ketua Umum Aprindo, Roy N Mandey, saat dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (4/5/2023).

Menurut dia, tanpa dikomandoi oleh Aprindo pun bisa jadi masing-masing peritel modern akan bergerak sendiri menyetop pembelian minyak goreng dari produsen.

“Dan ini juga bisa dilakukan yang mana tidak diorkestrasi oleh Aprindo. Jadi masing-masing pelaku usaha peritel baik yang di daerah maupun yang di pusat. Mereka kan punya wewenang untuk melakukan penghentian pembelian minyak goreng duluan," bebernya.

Sebagai informasi, Aprindo sudah menunggu pelunasan rafaksi atau selisih harga minyak goreng sejak 31 Januari 2022. Namun, hingga saat ini Aprindo belum menerima uang ganti tersebut.

Lebih lanjut Roy menyatakan, sebanyak 31 anggota ritel Aprindo sudah geram dengan janji manis Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang seharusnya mengganti rugi selisih harga minyak goreng kepada peritel. Dia pun khawatir, peritel di bawah payung Aprindo tidak mau menuruti kebijakan pemerintah di kemudian hari.

"Jadi nggak lewat Aprindo dulu untuk melakukan mogok jualannya. Kalau mereka sudah merasa bete dan kesal mereka bisa sewaktu waktu melakukan mogok itu,” cetusnya.

Imbasnya, sambung dia, di supermarket tersebut tidak akan menyediakan minyak goreng jenis premium karena supermarket tersebut tidak membeli pasokan ke produsen.

Selain itu, Roy juga khawatir jika pada ujungnya para peritel melakukan separatis atau pemisahan diri dengan tidak mau mengikuti arahan dari Aprindo lagi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)