Integrasi BSI dan BTN Syariah Rampung Tahun Ini, Erick Thohir Beberkan Manfaatnya

Kamis, 04 Mei 2023 - 11:54 WIB
loading...
Integrasi BSI dan BTN Syariah Rampung Tahun Ini, Erick Thohir Beberkan Manfaatnya
Integrasi BSI dan BTN Syariah akan segera rampung. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian BUMN mencatat integrasi PT Bank Syariah Indonesia Tbk ( BSI ) dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah rampung tahun ini. Proses penggodokan pun terus dilakukan.



Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan masuknya BTN Syariah ke BSI memberikan manfaat besar bagi masyarakat, khususnya kredit pemilikan rumah (KPR).

"BSI dan BTN syariah terus melakukan negosiasi dan insya Allah akhir tahun ini bisa final," ungkap Erick di Kementerian BUMN, Kamis (4/5/2023).

Dia memastikan sinergisitas BSI dan BTN Syariah juga memperluas kesempatan milenial mendapatkan rumah. Tercatat, ada 81 juta milenial yang belum memiliki rumah saat ini.

"Yang mesti dicatat kalau ingin menyediakan perumahan untuk milenial, harus punya pendanaan cukup agar mortgage yang sesuai, bahkan kita sudah dorong konsep baru rent to own, belum ada itu, sewa jadi cicilan. Setelah enam bulan sewa, anak muda yang serius ini jadi cicilan, di negara lain agak jarang," katanya.

BTN sebagai mortgage dapat memberikan pendanaan untuk kepemilikan rumah milenial. Karena itu, BUMN terus melakukan terobosan dengan membangun hunian terintegrasi.

BTN, PT KAI (Persero), dan Perumnas sudah membangun hunian yang terintegrasi dengan moda transportasi, seperti stasiun kereta api.



"Ini sebuah terobosan supaya anak muda punya rumah dan hemat. Seperti yang dibilang Pak Basuki (Menteri PUPR), beli rumah dapat kereta," katanya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3195 seconds (0.1#10.140)