Produk Mamin Karya Pelaku UMKM Wilayah Pertambangan Ikut Mejeng di KTT ASEAN

Rabu, 10 Mei 2023 - 16:05 WIB
loading...
Produk Mamin Karya Pelaku UMKM Wilayah Pertambangan Ikut Mejeng di KTT ASEAN
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) saat mengunjungi SMEs HUB di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/5/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, UMKM merupakan ujung tombak pondasi ekonomi Indonesia. Namun, perlu sinergi dan upaya bersama untuk mendorong perkembangan para pelaku usaha kecil di Tanah Air.

Hal itu disampaikan Erick saat mengunjungi SME's HUB di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/5). Kementerian BUMN menggelar acara tersebut sebagai side event yang memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM kepada segenap delegasi KTT ASEAN Summit.

Kementerian BUMN menyadari bahwa pembiayaan kepada UMKM perlu dibarengi dengan pendampingan serta partisipasi dalam berbagai acara taraf nasional dan internasional.

“Kementerian BUMN Fokus sinergi antar Kementerian dan Pemerintah Daerah untuk Pembiayaan, Pembinaan dan Pasar. Pembiayaan saja tidak cukup tanpa pendampingan, dan ini (SME's HUB) adalah bukti pendampingan kita,” ujarnya dikutip Rabu (10/5/2023).

SME's HUB yang diselenggarakan pada 9-13 Mei 2023 di Kawasan Waterfront Marina, Labuan Bajo, menampilkan 50 booth yang diisi oleh UMKM binaan Perusahaan BUMN, Kementerian / Lembaga, hingga UMKM Lokal Labuan Bajo.

Salah satu bentuk perluasan yang difasilitasi oleh Kementerian BUMN untuk mendukung mitra binaan UMKM perusahaan BUMN adalah hadirnya e-katalog dan aplikasi Padi BUMN.

“Lalu tugas kita selanjutnya adalah menyiapkan marketnya. Salah satu dukungan berupa kesiapan market ini adalah hadirnya Padi UMKM, selain sebagai market place juga sebagai e-katalog,” tutur Erick.

Sementara itu, MIND ID sebagai Holding Industri Tambang di Indonesia bersama seluruh anggotanya yaitu PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum, PT Timah Tbk juga turut serta dalam ajang pameran UMKM internasional ini. Grup MIND ID hadir dengan membawa lebih dari 20 produk UMKM binaan sektor makanan dan minuman (mamin).

Kepala Divisi Institutional Relations MIND ID, Selly Adriatika menegaskan komitmen Grup MIND ID dalam mengupayakan pemberdayaan warga sekitar tambang dan terus mendorong para UMKM untuk bisa naik kelas. Menurut dia, keistimewaan UMKM binaan Grup MIND ID adalah dikelola oleh masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah tambang.

“Grup MIND ID optimistis masyarakat tersebut bisa berkarya dan memberikan kontribusi nyatanya, bahkan sebisa mungkin untuk masuk dalam rantai bisnis perusahaan, sehingga hal ini mendukung terciptanya circular economy,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)