Genjot After Sales Service, Penjualan LCV Astra Isuzu Melejit

Kamis, 11 Mei 2023 - 13:18 WIB
loading...
Genjot After Sales Service, Penjualan LCV Astra Isuzu Melejit
Aktifitas Maxperience Isuzu di beberapa kota, termasuk di Balikpapan pekan ini memungkinkan konsumen dan calon konsumen merasakan performa langsungnya. Foto/Dok. Astra Isuzu
A A A
JAKARTA - Penjualan Light Commercial Vehicle (LCV) Isuzu di Indonesia melonjak drastis seiring meningkatnya kepercayaan konsumen otomotif dalam negeri. Hal itu ditunjukkan dengan pencapaian penjualan dua LCV Isuzu, yakni MU-X dan D-Max di triwulan I-2023 yang naik signifikan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo) sepanjang triwulan I-2023, penjualan ritel MU-X mencapai sebanyak 57 unit, melejit dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 15 unit. Sedangkan D-Max pada periode yang sama terjual 466 unit, meroket dari triwulan I-2022 yang sebesar 31 unit.

"Kenaikan All New Isuzu MU-X 4x4 di kuartal pertama 2023 mencapai lebih dari 250%, serta kenaikan All New Isuzu D-Max di atas 650%, tentu saja merupakan kabar baik untuk kami Astra Isuzu sebagai distributor LCV Isuzu di Indonesia. Konsumen makin percaya pada produk kami," papar COO Astra Isuzu Yohanes Pratama kepada wartawan, Kamis (11/5/2023).



Berdasarkan data Gaikindo, total penjualan Isuzu di triwulan I-2022 sebanyak 7.126 unit, kemudian naik menjadi 8.311 unit pada periode yang sama tahun 2023. Pangsa pasar juga ikut naik dari 3,0% menjadi 3,1%. Menurut Yohanes, kenaikan penjualan itu selain didukung sudah pulihnya pasokan kendaraan, juga dipengaruhi sejumlah program after sales yang massif dilakukan Astra Isuzu.

Dalam rangkaian program pengenalan produk LCV Isuzu di beberapa kota, salah satunya Maxperience di Balikpapan, Kalimantan Timur yang digelar 9-10 Mei 2023. Selain memperkenalkan keandalan MU-X dan D-Max terbaru, juga diperkenalkan layanan after sales kepada mitra Isuzu. Kebanyakan mitra Isuzu adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, perkebunan, dan migas.

Dua program after sales andalan Isuzu adalah Mechanic on Site yang saat ini tersedia di 17 site customer dan program Vendor Held Stock sebagai berkomitmen merealisasikan target physical availability. Selain itu, Astra Isuzu juga menyediakan parts rotation di beberapa area yang bertujuan mempercepat proses pergantian dan perbaikan kendaraan konsumen jika diperlukan. "Beberapa inisiatif tersebut berhasil menjawab kebutuhan konsumen di segmen ini," terangnya.

Sementara itu, Customer and Product Services Division Head Astra Isuzu Heri Wasesa mengatakan, pihaknya terus intensif menangkap peluang membaiknya ekonomi dengan mendekati konsumen. Lewat aktifitas Maxperience di beberapa kota, termasuk yang digelar di Balikpapan pekan ini. Konsumen dan calon konsumen dapat merasakan performa sesungguhnya dari All New Isuzu Mu-X 4x4 dan All New Isuzu D-Max. "Dengan tenaga yang lebih besar dan mesin yang lebih kompak maka bahan bakarpun menjadi lebih hemat," katanya.



Kegiatan itu diikuti 50 customer dari segmen rental, mining, construction, agriculture, dan oil and gas di area Kalimantan. Pihaknya memberikan beberapa program after sales free visiting fee on site Area Kalimantan Timur sebanyak tiga kali, di mana pelanggan akan mendapatkan layanan kunjungan rutin untuk memastikan kondisi kendaraan beroperasi dengan prima.

Lalu, ada program free Bundling Critical Item Part atau Discount Initial Stock 1 kali sebesar 25%, dimana pelanggan akan mendapatkan harga spesial untuk menjamin ketersediaan stock sparepart pada masa awal operasional kendaraan. Selain itu, ada free Device Scan Tools (OBD), di mana pelanggan akan mendapatkan alat spesial untuk pemeriksaan atau mendiagnosa kerusakan kendaraan.

Selain program after sales service dan Unit Ready Stock, Astra Isuzu juga memberikan program spesial seperti special cashback, additional cashback atau Free Ban MT, free asuransi untuk driver, di mana driver perusahaan pelanggan akan terlindungi dengan asuransi sehingga mendapatkan jaminan keselamatan saat berkendara. Lalu free bedliner untuk D-Max 1.9 Rodeo.

"Harapannya dengan program tersebut, kebutuhan spare part customer dapat terpenuhi secara maksimal," pungkasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)