Membantu UMKM Mengakses Permodalan melalui Digitalisasi BPR

Kamis, 11 Mei 2023 - 15:25 WIB
loading...
Membantu UMKM Mengakses Permodalan melalui Digitalisasi BPR
Melihat permasalahan UMKM yang masih mengalami kesulitan dalam mengakses permodalan, Komunal sebagai perusahaan teknologi finansial bergerak cepat mencari solusinya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Melihat sektor usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM ) yang masih mengalami kesulitan dalam mengakses permodalan, meski peran mereka sangat besar dalam menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Melihat permasalahan tersebut, Komunal sebagai perusahaan teknologi finansial bergerak cepat mencari solusinya.



Komunal adalah perusahaan fintech yang memiliki misi untuk mendorong inklusi keuangan melalui digitalisasi Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dengan menggabungkan akses pendanaan dan pinjaman untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui dua produknya DepositoBPR by Komunal dan P2P Lending .

Komunal yang dipimpin oleh Founder dan CEO Hendry Lieviant lantas meluncurkan produk DepositoBPR by Komunal di bawah PT Komunal Sejahtera Indonesia pada 20 Agustus 2021.



Melalui produk DepositoBPR by Komunal yang notabene merupakan aplikasi marketplace deposito BPR pertama di Indonesia ini, Komunal menyediakan akses terhadap produk deposito dari 250 lebih BPR yang sudah dikurasi keamanannya oleh tim Komunal.

“Kami melihat financial gap yang besar di mana sektor UMKM memerlukan dukungan pendanaan. Sementara kami lihat BPR memerlukan dukungan modal untuk dapat menyalurkan permodalan kepada UMKM. Untuk itu kami luncurkan solusinya yakni dengan cara mendigitalisasi BPR dengan produk DepositoBPR by Komunal. Sehingga nasabah di seluruh Indonesia dapat dengan mudah menempatkan dana mereka di deposito BPR melalui aplikasi kami dan kemudian BPR dapat menyalurkannya kepada UMKM,” jelas Hendry.

Hal itu disampaikan dalam acara Press Conference Komunal: Indonesia’s Neo Rural Bank Pioneer, Fintech Startup Mendorong Inklusi Keuangan di Indonesia Melalui Digitalisasi BPR di kantor Komunal di Sampoerna Strategic Square Building, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (9/5).

Keputusan untuk membantu UMKM melalui digitalisasi BPR pun dipandang Hendry sangat tepat. Sebabnya, berdasarkan pengamatan Komunal, mayoritas UMKM berada di kota-kota tier 2 dan 3, seperti halnya keberadaan BPR.

Karena itu, dengan 6.000 kantor cabang di seantero Indonesia, BPR dapat menjangkau UMKM dengan lebih efektif lantaran memiliki local presence yang kuat. Sehingga kerja sama Komunal dalam penyediaan teknologi digital untuk BPR telah menjadi simbiosis mutualisme, alias kerja sama yang saling menguntungkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)