Latinusa Siapkan Belanja Modal Rp13 Miliar

Jum'at, 01 April 2016 - 15:33 WIB
Latinusa Siapkan Belanja Modal Rp13 Miliar
Latinusa Siapkan Belanja Modal Rp13 Miliar
A A A
JAKARTA - PT Latinusa Tbk (NIKL), emiten produksi bahan baku pembuat kaleng dan kemasan (tinplate) sepanjang tahun ini menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar USD1 juta atau sekitar Rp13 miliar (kurs Rp13.000/USD).

Direktur Keuangan Latinusa Slamet Gunawan mengatakan, alokasi capex perseroan tahun ini sama seperti tahun sebelumnya. Namun, dari anggaran USD1 juta tersebut hingga akhir Desember 2015 perseroan baru menyerap capex sekitar USD820 ribu. Sementara, sisanya akan digunakan tahun ini.

"Tahun ini kisaran capex sekitar USD1 juta, itu penggunaannya untuk mendukung operasional dan produksi roll maupun motor mesin pabrik, sumber dana berasal dari internal perusahaan," kata dia di Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Direktur Komersial Latinusa Suprapto mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya permintaan produksi tinplate menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri meningkat 10%. karena itu, pihaknya optimistis tahun ini akan menerima permintaan produksi tinplate dengan pertumbuhan yang sama.

"Menjelang Lebaran permintaan produksi tinplate selalu meningkat, biasanya terjadi pada kuartal I dan II, ada peningkatan sebesar 10% dari tahun ke tahun," jelasnya.

Direktur Utama Latinusa Ardhiman T mengungkapkan, pada saat ini pihaknya sudah mulai banyak mendapatkan pesanan tinplate oleh sejumlah perusahaan makanan dan minuman. Seperti pada tahun lalu, industri makanan mulai meningkatkan produksinya 2-3 bulan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Latinusa akan tetap fokus ke industri kemasan makanan, seperti tahun lalu kita selalu sibuk di kuartal I hingga pertengahan kuartal II, pada Ramadan tingkat belanja konsumsi pasti meningkat," kata dia.

Ardhiman juga menjelaskan, pada tahun ini perseroan masih akan fokus pada segmen pasar premium. Segmen ini memiliki tuntutan standar kualitas yang lebih tinggi dengan menawarkan harga yang lebih stabil. Hal ini diharapkan mendorong kinerja keuangan perseroan dalam jangka panjang.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3996 seconds (0.1#10.140)