Pelan tapi Pasti, Jumlah Penumpang Pesawat Telah Capai 17%

Rabu, 22 Juli 2020 - 21:16 WIB
loading...
Pelan tapi Pasti, Jumlah Penumpang Pesawat Telah Capai 17%
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, aktivitas bandara memang turun drastis akibat pandemi Covid-19. Dikatakan, jumlah penumpang yang biasanya 7,5 juta per bulan, pada Mei 2020 hanya mencapai 75 ribu penumpang.

Dia menjelaskan, kini per Juli 2020 sudah mulai kembali normal sekitar 17% dari kondisi biasanya. Hal itu berdasarkan pelonggaran PSBB yang diterapkan oleh pemerintah pusat dan daerah.

"Bisa dibayangkan hampir 99% trafik kita turun signifikan. Dari hasil monitoring kita sampai 19 Juli, rata-rata penerbangan sudah sekitar 45% dari normal. Namun penumpang baru sekitar 17% dari kondisi normal," kata Faik dalam diskusi virtual, Rabu (22/7/2020). ( Baca juga:Pengamat: Kampanye Naik Pesawat Aman Harus Didengungkan berbagai Pihak )

Dia menyebut, krisis akibat pandemi virus Corona atau Covid-19 merupakan yang terparah dialami pihaknya.

"Ini krisis yang belum pernah terjadi sehingga kami identifikasi risiko terhadap strategi kita, keuangan kita, dan operasional kita," kata dia.

Dia mengaku pihaknya tetap menjaga layanan operasional tetap prima. Sehingga, penumpang pun merasa aman ketika akan naik pesawat.

"Saat ini kita fokus kepada cashflow. Bayangkan, dengan kondisi pendapatan yang menurun signifikan, tapi kita juga harus mengeluarkan biaya karena memang harus tetap beroperasi," kata dia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8679 seconds (0.1#10.140)