Wall Street Ditutup Turun Imbas Rendahnya Data Penjualan Ritel AS

Rabu, 17 Mei 2023 - 07:07 WIB
loading...
Wall Street Ditutup Turun Imbas Rendahnya Data Penjualan Ritel AS
Indeks saham AS atau Wall Street ditutup turun pada perdagangan Selasa (16/5). FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Indeks saham AS atau Wall Street ditutup turun pada perdagangan Selasa (16/5) waktu setempat setelah perkiraan mengecewakan dari Home Depot dan data penjualan ritel AS untuk bulan April menunjukkan belanja konsumen yang melemah. Sementara, ketidakpastian tentang suku bunga dan negosiasi batas utang juga menjadi sentimen.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 336,46 poin, atau 1,01%, menjadi 33.012,14, S&P 500 (.SPX) kehilangan 26,38 poin, atau 0,64%, menjadi 4.109,9 dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 22,16 poin, atau 0,18%, menjadi 12.343,05.



Home Depot (HD.N) turun 2,15% sebagai salah satu hambatan terbesar pada Dow Jones Industrials dan S&P 500 setelah peritel perbaikan rumah memangkas perkiraan penjualan tahunannya dan memproyeksikan penurunan laba yang lebih curam dari perkiraan. Saham rekannya yaitu Lowe's Companies Inc (LOW.N) juga turun 1,16%.

"Anda dapat berargumen bahwa orang-orang lelah membelanjakan rumah, mereka menginginkan pengalaman, mereka ingin keluar, mereka ingin melakukan hal-hal lain, mereka tidak ingin memperbaiki rumah menurut Home Depot, karena mereka memiliki penghasilan yang menghebohkan," kata Ken Polcari, mitra pengelola di Kace Capital Advisors di Boca Raton, Florida.

Departemen Perdagangan AS melaporkan penjualan ritel naik 0,4% pada bulan April, jauh dari perkiraan untuk kenaikan 0,8%. Tapi penjualan ritel inti pulih, angka tidak termasuk mobil, bensin, bahan bangunan, dan layanan makanan.

"Ada perasaan bahwa orang-orang mulai menjadi sedikit lebih sensitif terhadap keberhasilan The Fed dan drama plafon utang yang sedang berlangsung ini menyebabkan kecemasan."

Data terbaru menunjukkan perlambatan ekonomi AS menyusul serangkaian kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve untuk melawan inflasi yang tinggi. Perlambatan itu seiring dengan negosiasi baru-baru ini mengenai plafon utang AS telah memusatkan perhatian pada kapan bank sentral akan menghentikan kenaikan suku bunga, atau memangkas suku bunga.

Sementara pasar saat ini memperkirakan penurunan suku bunga pada akhir tahun, komentar baru-baru ini dari pejabat Fed menunjukkan bahwa mereka belum siap untuk segera menurunkan suku bunga.

Presiden Richmond Fed Thomas Barkin mengatakan dia "nyaman" dengan menaikkan suku bunga lebih lanjut jika diperlukan, tetapi menyukai "opsionalitas" yang tersirat dalam pernyataan kebijakan terbaru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)