BI Ramal Ekonomi Global Tumbuh 2,7% di 2023, Negara Berkembang Lebih Kuat

Kamis, 25 Mei 2023 - 16:28 WIB
loading...
BI Ramal Ekonomi Global Tumbuh 2,7% di 2023, Negara Berkembang Lebih Kuat
Gubernur Bank Indonesia atau BI, Perry Warjiyo mengatakan, proyeksi ekonomi Dunia tahun ini lebih baik ditopang oleh pertumbuhan ekonomi negara berkembang yang lebih kuat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi global 2023 menurut proyeksi Bank Indonesia (BI) , bakal lebih baik dari perkiraan awal. Prediksinya ekonomi global tahun ini bakal tumbuh mencapai 2,7% (yoy), atau lebih tinggi dari proyeksi semula.

"Ini ditopang oleh pertumbuhan ekonomi negara berkembang yang lebih kuat," ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (25/5/2023).



Ekonomi China juga diyakini tumbuh lebih baik didorong oleh pembukaan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Tak hanya itu, prospek ekonomi India juga meningkat didukung oleh permintaan domestik yang kuat.

"Sementara itu, pemulihan ekonomi negara maju, terutama Amerika Serikat (AS) tertahan sejalan dengan dampak kebijakan moneter ketat dan peningkatan risiko stabilitas sistem keuangan (SSK)," ungkap Perry.



Di sisi lain, penurunan inflasi global berlanjut terutama dipengaruhi oleh proses disinflasi negara berkembang yang lebih cepat. Sedangkan penurunan inflasi negara maju lebih lambat akibat pasar tenaga kerja yang ketat.

Ketidakpastian pasar keuangan global tetap tinggi dipengaruhi oleh dampak risiko SSK di negara maju dan juga ketidakpastian penyelesaian permasalahan government debt ceiling di AS.

"Di tengah ketidakpastian pasar keuangan global tersebut, aliran masuk modal asing ke negara berkembang berlanjut seiring dengan kondisi dan prospek perekonomiannya yang lebih baik," pungkas Perry.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)