Berdayakan Ratusan Petani Teh, Pelaku UMKM Berhasil Tembus Pasar Global

Rabu, 24 Mei 2023 - 00:13 WIB
loading...
Berdayakan Ratusan Petani Teh, Pelaku UMKM Berhasil Tembus Pasar Global
Indonesia sebagai salah satu negara produsen teh dengan kontribusi sebesar 2% terhadap total produksi teh dunia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Teh menjadi favorit semua kalangan. Mengutip situs resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Indonesia sebagai salah satu negara produsen teh dengan kontribusi sebesar 2% terhadap total produksi teh dunia. Bahkan Indonesia punya luas lahan perkebunan teh terbesar ke-5 di 2020.

Banyak UMKM lokal yang berhasil menembus pasar global. Misalnya, Tea Heaven di Bogor, yang didirikan oleh Devina Amelia pada 2017 saat masih duduk di bangku kuliah. Dengan modal terbatas, awalnya Devina hanya berjualan menggunakan sistem pre-order. Namun sekarang, Devina berhasil memberdayakan ratusan petani dari puluhan perkebunan teh di wilayah Bantul, Sukabumi, Garut, Cianjur, Ciwidey, Padang dan Bali.

"Banyak perkebunan teh yang menjual hasil panen dengan kualitas terbaik mereka untuk keperluan ekspor. Sementara, banyak hasil panen teh dengan kualitas rendah justru dipasarkan di Indonesia. Kami ingin seluruh teh berkualitas yang dipanen oleh petani teh lokal bisa diakses oleh pasar dalam negeri," ungkap Devina.



Tak hanya Devina, melalui Brew Me Tea, Yudia juga berhasil memberdayakan petani teh lokal. Ia memperkenalkan berbagai jenis teh artisan kepada masyarakat Indonesia termasuk generasi muda.

"Kami melibatkan puluhan petani teh di sekitaran Bali untuk seluruh proses panen pucuk teh, mulai dari penanaman hingga pemetikan," ujar Yudia.

Yudia menyebutkan, cita rasa akhir atau aftertaste manis secara alami dari teh ini cukup khas. Hal ini karena bahan utama teh kami ditanam di tanah Bali yang cenderung memiliki struktur tanah vulkanis atau tanah yang berasal dari letusan gunung berapi. "Selain itu, proses penanamannya juga organik atau bebas dari pestisida dan bahan kimia lainnya,” tambah Yudia.



Category Development Senior Lead Tokopedia Sherine Pranata mengatakan, minuman menjadi salah satu subkategori produk yang paling banyak dibeli masyarakat melalui e-commerce, selama kuartal I 2023. Selain teh, susu juga menjadi menjadi beberapa produk minuman paling laris.

"Teh yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh ternyata digemari banyak masyarakat. Penjualan teh naik hampir 2 kali lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022. Teh hijau, teh hitam dan thai tea menjadi beberapa jenis teh paling laris," ujar Sherine.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)