Dukung Produk UMKM Go Global, Kementerian BUMN, PGN dan KAI Gelar Bazar di Sarinah

Jum'at, 26 Mei 2023 - 11:03 WIB
loading...
Dukung Produk UMKM Go Global, Kementerian BUMN, PGN dan KAI Gelar Bazar di Sarinah
Kementerian BUMN bersama BUMN PT PGN Tbk dan PT KAI (Persero) menggelar Bazar UMKM Untuk Indonesia. (Foto : dok. PGN)
A A A
JAKARTA - Kementerian BUMN bersama BUMN PT PGN Tbk dan PT KAI (Persero) menggelar Bazar UMKM Untuk Indonesia dalam rangka membantu memasarkan produk UMKM termasuk produk-produk ramah energi untuk bisa masuk pasar global.

Bazar ini sekaligus wujud dukungan BUMN kepada Pemerintah Indonesia dalam mendorong masyarakat mencintai produk UMKM lokal semakin naik kelas dan berdaya saing.

Bertajuk “Seru – Seruan Bazar Lokal”, bazar UMKM ini bertempat di Plaza Sarinah Lantai Basement. Acara diresmikan oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting yang didampingi oleh Komisaris PGN Warih Sadono, Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo, dan Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz.

Bazar berlangsung selama 4 hari pada 25 - 28 Mei 2023, melibatkan UMKM - UMKM yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari produk fashion, kerajinan tangan, dan kuliner.

“Acara bazar UMKM berkolaborasi dengan BUMN-BUMN berbeda. Acara yang kelima ini pendukung utamanya adalah PGN dan KAI. Acara ini menjadi salah satu platform pemasaran bagi UMKM,” ujar Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting, (25/5/2023).

Ia juga menambahkan, bahwa produk dari luar daerah bisa difasilitasi di Sarinah yang pengunjungnya bukan hanya warga Jakarta. Banyak wisatawan mancanegara di Jakarta yang berada di Sarinah bisa melihat produk-produk UMKM di bazar ini

Loto menambahkan bahwa tidak hanya event bazar di Sarinah, diharapkan UMKM binaan BUMN bisa masuk department store Sarinah. BUMN juga menyediakan platform digital, PADI UMKM, sebagai platform belanja kebutuhan-kebutuhan BUMN. Diharapkan ekosistem yang sudah dibentuk BUMN bisa benar-benar bermanfaat untuk UMKM naik kelas dan tangguh.

Menurut, Komisaris PGN Warih Sadono, PGN terus didorong untuk memperhatikan kebijakan Kementerian BUMN, selain tranformasi industri BUMN juga pengembangan industri UMKM.

Warih mengatakan bahwa, kami mendorong UMKM untuk bergerak secara aktif dan berdaya saing. Salah satunya adalah program jaringan gas bumi (jargas) PGN yang terus berjalan dan masuk ke industri rumah tangga. Jargas menyediakan energi ramah lingkungan yang dapat membantu pelaku UMKM di rumah-rumah, seperti UMKM FnB, catering, industri rotan seperti di Cirebon.

Alangkah baiknya disinergikan, kalau sudah dilewati jargas, bisa membantu pelaku UMKM. PGN sendiri memiliki jaringan gas dari Sabang hingga Papua. Harga gas yang bersaing dapat membantu UMKM lebih efisien, sehingga meningkatkan rentang margin bagi pelaku UMKM,” ujar Warih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)