Genjot Ekonomi dan Keuangan Syariah, Sri Mulyani Tak Ingin Indonesia Jago Kandang

Sabtu, 27 Mei 2023 - 13:30 WIB
loading...
Genjot Ekonomi dan Keuangan Syariah, Sri Mulyani Tak Ingin Indonesia Jago Kandang
Indonesia harus tampil ke panggung dunia untuk mengembangkan ekonomi syariah. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Di panggung dunia, Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar, sekaligus perekonomian terbesar di antara negara-negara muslim. Tak cuma itu, Indonesia juga memiliki jaringan institusi keuangan keuangan syariah terbesar di dunia.



"Kita dapat menjadikan ini sebagai comparative advantage bangsa," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam akun Instagram resminya @smindrawati, dikutip Sabtu (27/5/2023).

Sri Mulyani selaku Sekretaris Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) menghadiri Anugerah Adinata Syariah 2023 mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ini adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang memiliki kapabilitas dalam memimpin, mengembangkan, serta menggerakkan potensi ekonomi syariah di daerahnya.

Menghadirkan sistem perekonomian syariah yang efisien, berkeadilan, serta mampu menjawab tantangan zaman merupakan tujuan utama KNEKS. Tujuan tersebut saat ini mulai kita ekspansi ke tingkat daerah melalui KDEKS (Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah).

"@kemenkeuri juga turut hadir mendukung melalui seluruh kantor perwakilan di seluruh Indonesia. Seluruh pemerintah daerah dapat berkolaborasi dengan Kementerian Keuangan dalam memanfaatkan jejaring Kementerian Keuangan untuk memupuk perekonomian berbasis syariah," paparnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan capaian Indonesia saat menghadiri IsDB Annual Meeting di Jeddah kemarin. Sebagai pemilik size PDB terbesar di IsDB, pihaknya berhasil meningkatkan saham Indonesia di IsDB --dari yang sebelumnya peringkat 12 kini menjadi peringkat 3.

"Ini adalah wujud pengakuan dunia dimana kita harus dapat terus berperan lebih di panggung internasional. Jangan menjadi jago kandang..!" tegas Sri.



Dia juga turut mengucapkan selamat kepada Provinsi Jawa Timur sebagai juara umum dan juga seluruh peraih Anugerah Adinata Syariah 2023. "Mari kita wujudkan bahwa Islam merupakan rrahmatan lil alamin. Semoga seluruh upaya kita mendapatkan rida Allah S.W.T. Aamiin yaa rabbal alaamin," pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)