Ini Makna 5 Akar, 7 Batang dan 17 Kembang di Pohon Hayat yang jadi Logo Baru IKN

Selasa, 30 Mei 2023 - 19:46 WIB
loading...
Ini Makna 5 Akar, 7 Batang dan 17 Kembang di Pohon Hayat yang jadi Logo Baru IKN
Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hari ini resmi meluncurkan logo baru yang mengusung tema pohon hayat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hari ini resmi meluncurkan logo baru yang mengusung tema pohon hayat. Presiden Joko Widodo hadir dan mengumumkan logo baru hasil sayembara tersebut.

Adapun sayembara diselenggarakan secara terbuka agar masyarakat Indonesia dapat terlibat langsung dalam proses pemilihannya. Proses sayembara telah dimulai sejak 4 April hingga 20 Mei 2023 dan diikuti lebih dari 500.000 pemilih.

Berdasarkan hasil sayembara pada periode tersebut, logo dengan vote terbanyak adalah logo nomor dua karya desainer Aulia Akbar dengan tema Pohon Hayat yang mendapatkan total vote mencapai 133.069 atau 26,6% dari total vote.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono berharap peluncuran logo baru tersebut menjadi kebanggaan bersama masyarakat Indonesia.

“Kami mengundang semua masyarakat untuk dapat menyambut logo baru dengan rasa bangga dan antusias, karena logo baru ini adalah pilihan kita bersama,” ujarnya di Jakarta, Selasa (30/5/2023).

“Dengan adanya partisipasi dari masyarakat dalam pemilihan logo baru IKN, mudah-mudahan IKN akan semakin menjadi ibu kota yang dicintai kita semua. Nusantara adalah kita, kita adalah Nusantara,” tutur Bambang.



Adapun logo baru ini terinspirasi dari pohon hayat sebagai sumber kehidupan dengan 5 akarnya melambangkan Pancasila, 7 batangnya mewakili pulau besar di Indonesia, dan 17 kembang mekar menjadi simbol kemerdekaan yang abadi.

Bambang mengimbau agar logo baru IKN dapat segera disebarluaskan ke seluruh masyarakat Indonesia. "Dengan kehadiran logo baru ini, Otorita Ibu Kota Nusantara berharap dapat segera diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia, terutama kepada pihak-pihak yang terlibat langsung dalam proses pembangunan IKN,” ucapnya.



Desainer terpilih yang merupakan anggota Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) chapter Bandung, Aulia Akbar, menyampaikan rasa bahagia atas hasil sayembara tersebut. Menurut dia, penghargaan ini menjadi sebuah tanda kontribusi dari pembangunan peradaban masa depan.

”Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota baru yang merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Semoga identitas visual ini dapat menyampaikan semangat Nusantara kepada seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Aulia.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)