Tadashi Yanai, Pemilik Uniqlo yang Hartanya Unlimited Tembus Rp531 Triliun

Rabu, 31 Mei 2023 - 11:12 WIB
loading...
Tadashi Yanai, Pemilik Uniqlo yang Hartanya Unlimited Tembus Rp531 Triliun
Tadashi Yanai, pemilik Uniqlo yang harta kekayaannya terus meningkat pesat. FOTO/Forbes
A A A
JAKARTA - Uniqlo terus mengalami peningkatan penjualan yang menakjubkan. Pendapatan yang besar mendorong kekayaan bos Uniqlo Tadashi Yanai meningkat pesat. Mengutip Forbes, harta kekayaan Tadashi Yanai meningkat USD11,8 miliar menjadi USD35,4 miliar atau Rp531 triliun.

Hingga Februari 2023, bisnis pakaiannya tersebut mengalami peningkatan pendapatan lebih dari 20% per tahun menjadi ÂĄ1,5 triliun atau USD11,1 miliar. Permintaan terus menguat didorong dari pelonggaran pembatasan pandemi Covid-19.



Kontribusi penjualan di luar Jepang mencapai ÂĄ755,2 miliar mendongkrak laba bersih perusahaan hingga 5% menjadi ÂĄ153,3 miliar. Pada Januari, Yanai mengumumkan rencana untuk menaikkan gaji staf dan manajer hingga 40% di Jepang yang disesuaikan dengan tingkat operasionalnya di luar negeri. Adapun tujuannya untuk membangun tenaga kerja global yang dapat dikerahkan secara lebih fleksibel.

"Saya bermaksud untuk mengirim setidaknya sepertiga dari karyawan kami ke luar negeri dan membawa sepertiga atau setengah dari staf dari luar negeri untuk menciptakan kantor pusat global," kata Yanai dalam konferensi pers kinerja keuangan bulan April.

"Tingkat gaji relatif rendah di Jepang, terutama untuk kaum muda. Kami ingin mendorong staf untuk berperan aktif di panggung global, tetapi kami tidak akan dapat menarik sumber daya manusia yang baik kecuali jika kami menaikkan upah," kata dia.

Perusahaan berharap dapat melipatgandakan pendapatan menjadi ÂĄ10 triliun selama dekade berikutnya agar bisa menaikkan gaji pekerja rumah tangga sementara dan paruh waktu. Tahun lalu, Taadashi telah menaikkan upah bagi pekerja tersebut mencapai 20%.



Kenaikan gaji tersebut akibat Jepang menghadapi kekurangan tenaga kerja karena populasi menua, sedangkan perusahaan harus mampu bersaing lebih keras untuk meenggaet konsumen.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)